oleh

Makan Kue Lebaran, Hati-Hati Berat Badan Naik

PortalMadura.Com – Kue khas Lebaran sangat banyak dan beraneka ragam. Setiap rumah pasti menyediakan kue-kue yang memiliki warna yang cerah, bentuk yang unik dan rasa yang enak. Kue lebaran bukan hanya memiliki rasa manis, namun juga ada yang rasa gurih, rasa susu dan cokelat. Setelah Anda mencicipi satu kue di rumah kerabat atau teman, pastinya Anda akan disuruh untuk mencicipi kue yang lainnya.

Tahukah Anda kue lebaran memiliki jumlah kalori yang sangat tinggi?. Rasa dari kue lebaran yang manis dan gurih akan membuat Anda untuk terus makan kue yang disediakan, bahkan tidak terasa Anda akan menghabiskan satu toples .

Dilansir dari laman Liputan6.com, Selasa (26/5/2020) berikut jumlah kalori dari kue lebaran yang sama seperti seporsi nasi bersama lauk-pauk lengkap.

Pertama yang harus Anda ketahui yaitu mengenai kebutuhan kalori laki-laki dan perempuan yang berbeda. Kebutuhan kalori laki-laki dewasa sekitar 2.550 sampai 2.650 Kkal, sedangkan kebutuhan kalori perempuan sebanyak 2.150 sampai 2.2500 Kkal per hari.

Bagaimana dengan jumlah kalori dalam kue lebaran?

Berdasarkan tabel jumlah Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gram kue nastar mengandung 512 kkal, protein 16 gram, lemak 24,5 gram, dan karbohidrat 57 gram. Lalu 100 gram kastengel, mengandung kalori sebesar 406 kkal, protein 18 gram, lemak 20,6 gram, dan karbohidrat 38 gram.

Itu untuk 100 gram atau setara dengan empat sampai enam butir kue kering. Sedangkan kalau dihabiskan satu toples sendiri, yang besarannya kurang lebih adalah 250 gram, tentu kalori yang masuk dalam sehari akan sangat berlebih.

Ini masih kalori dari kue kering, bukan dari hidangan berat lainnya seperti soto, bakso atau opor ayam. Jadi jangan heran jika sesudah Lebaran berat badan Anda naik secara cepat.

Apalagi tidak Anda imbangi dengan berolahraga, maka berat badan Anda akan semakin naik setelah lebaran. Mulai sekarang perhatikan jumlah kalori yang Anda konsumsi, karena kue kering tidak membuat Anda kenyang hal ini yang akan membuat Anda untuk makan terus kue lebaran.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar