oleh

Ketahui Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Rahim

PortalMadura.Com – Memiliki rahim yang sehat adalah keinginan setiap wanita. Kesehatan rahim akan menentukan kesehatan Anda pada masa mendatang sehingga harus dijaga sedemikian rupa. Selain memengaruhi diri sendiri, juga berdampak terhadap janin jika Anda memutuskan untuk memiliki anak nantinya.

Dilansir dari laman Haibunda.Com, Selasa (4/8/2020), berikut ini makanan yang cocok Anda konsumsi untuk kesehatan rahim.

Sayuran

Sayuran adalah makanan yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan rahim. Sayuran merupakan sumber kalsium, potasium, magnesium, dan vitamin. Sayuran juga dapat mencegah atau memperlambat perkembangan tumor fibroid di rahim. Di antara sayuran tersebut seperti kacang-kacangan, kol, pakcoy, dan brokoli.

Sayuran tersebut kaya akan fitoestrogen. Fitoestrogen memiliki kemampuan untuk bersaing dengan estrogen tubuh. Hal ini membantu menurunkan kadar estrogen, sehingga menghentikan pertumbuhan tumor di rahim.

Buah-buahan

Buah yang kaya akan vitamin C dan bioflavonoid, yang dapat membantu menghambat pertumbuhan fibroid di dalam rahim. Bioflavonoid juga mencegah kanker ovarium dan membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi.

Selain itu, alangkah lebih baiknya untuk menjadikan buah sebagai pengganti camilan. Selain menghindari makan junk food, ini juga untuk memasok nutrisi yang dibutuhkan rahim agar tetap sehat.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan. Tidak hanya membantu menjaga rahim tetap sehat, tetapi teh hijau juga bisa mengobati fibroid di dalam rahim. Menurut spesialis herbal, wanita dengan fibroid rahim harus minum teh hijau secara teratur selama sekitar 8 minggu. Hal itu akan membantu mengurangi jumlah fibroid.

Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin ini juga membantu meningkatkan imunitas rahim. Imunitas yang tinggi, membuat rahim akan lebih siap untuk menangkal bakteri, sehingga mencegah infeksi.

Konsumsilah segelas air hangat yang telah dicampur dengan perasan lemon setiap pagi hari. Cara tersebut akan meningkatkan kesehatan rahim Anda.

Biji dan Kacang-kacangan

Biji dan kacang-kacangan dibutuhkan tubuh untuk produksi hormon yang optimal. Kacang-kacangan seperti almond dan kacang mede, kaya akan asam lemak omega-3 dan kolesterol baik.

Asam lemak omega-3 membantu menghilangkan fibroid dan juga mencegah kanker rahim. Kolesterol yang baik membantu menjaga kadar kolesterol serum dalam tubuh. Bahkan, rutin konsumsi makanan ini juga bisa mencegah kelahiran bayi prematur.

Produk Susu

Konsumsi produk susu seperti yoghurt, keju, susu, dan mentega sangat penting untuk kesehatan rahim. Produk-produk susu ini kaya akan kalsium dan vitamin D. Kalsium sendiri dapat membantu menjaga tulang tetap sehat, sedangkan vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga agar terhindar dari fibroid rahim. Tubuh juga membutuhkan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber ; haibunda.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE