oleh

Maknyus, Ini Resep Babat Goreng Bumbu Bawang Ketumbar yang Gurih dan Lezat

PortalMadura.Com – Daging sapi merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai menu masakan. Namun selain dagingnya, ada bagian lain dari yang bisa diolah menjadi masakan yang gurih dan lezat. Bagian itu ialah babat.

Meskipun sebagian besar orang menghindarinya karena masalah kesehatan, tapi mengonsumsi babat tidak akan mengganggu kesehatan jika dikonsumsi tidak berlebihan. Babat goreng bumbu bawang ketumbar merupakan menu yang enaknya kebangetan. Penasaran seperti apa cara membuatnya?

Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

1/4 kg babat
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
2 cm jahe (memarkan)
3 cm kunyit (haluskan)
1 butir kemiri (haluskan)
1/2 sdt ketumbar (haluskan)
2 siung bawang putih (haluskan)
Garam (secukupnya)
Kaldu daging bubuk (secukupnya)
Minyak goreng

Loading...

Cara Membuat:
Rebus babat hingga matang dan empuk. Agar babat sapi atau kambing empuk, setidaknya dibutuhkan waktu 1 sampai 2 jam untuk merebusnya. Kemudian angkat babat yang telah matang, tiriskan dan sisihkan sebentar.

Panaskan minyak, tumis bawang putih, ketumbar, kunyit dan kemiri yang telah dihaluskan. Setelah itu, tambahkan daun jeruk, daun salam dan jahe. Tambahkan sedikit air, biarkan hingga mendidih.

Masukkan daging babat yang telah direbus, tambahkan garam dan kaldu daging secukupnya. Lalu rebus daging babat bersama bumbu sampai airnya mengering.
Jika bumbu dirasa sudah merasuk ke daging babat, angkat kemudian tiriskan dan sisihkan sebentar.

Panaskan minyak, goreng babat hingga berwarna cokelat kehitaman atau matang.
Angkat babat goreng yang telah matang, sajikan bersama sambal bawang pedas dan nasi putih hangat.

Itulah resep babat goreng bumbu bawang ketumbar yang enaknya juara dan gurihnya kebangetan. Resep yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah suka. (vemale.com/Desy)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar