Malaysia Kecam AS Pindahkan Kedutaan Besar ke Yerusalem

Avatar of PortalMadura.Com
Malaysia Kecam AS Pindahkan Kedutaan Besar ke Yerusalem
Kuala Lumpur Malaysia-Istana Negara, Jalan-Duta (foto. wikimedia commons)

PortalMadura.Com – Pemerintah menyampaikan kekecewaan atas keputusan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang berencana akan memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke pada 14 Mei nanti.

Rencana AS untuk memindahkan kedutaan di Tel Aviv ke Yerusalem pada tanggal 14 Mei itu telah mengkhawatirkan kami, menurut pernyataan tertulis dari Kementerian Luar Negeri Malaysia.

Malaysia menilai bahwa keputusan AS terkait Yerusalem akan merusak usaha penyelesaian konflik Palestina-Israel, bahkan akan lebih membahayakan kondisi.

“Malaysia selalu mendukung penyelesaian permasalahan antara kedua negara,” ungkap pernyataan tersebut, dilansir Anadolu, Rabu (28/2/2018).

Malaysia juga menekankan bahwa akan bergerak bersama dengan negara lain untuk mendatangkan solusi yang adil dan permanen bagi kedua negara.

AS akan memindahkan Kedutaan Besarnya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem pada 14 Mei mendatang, bertepatan tanggal berdirinya Israel yang resmi diakui AS sejak 1948 silam.

Dalam keterangan resmi, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, Pembukaan kedutaan di Yerusalem bertepatan dengan 70 tahun berdirinya Israel.

AS sangat antusias untuk mengambil langkah bersejarah tersebut dan berharap rencana tersebut dapat terealisasi Mei mendatang.

Relokasi kedutaan menjadi prioritas utama AS setelah Presiden Donald Trump mengumumkan keputusan untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember tahun lalu.

Aksi tersebut menimbulkan berbagai kecaman dan protes dari dunia Arab dan komunitas muslim seluruh dunia.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.