oleh

Manfaat Buah Kecapi yang Baik Bagi Kesehatan Anda

PortalMadura.Com – Sandoricum koetjape nama ilmiah dari buah kecapi. Kecapi adalah sejenis buah yang hampir sama dengan buah manggis, hanya saja warnanya yang berbeda. Buah ini berwarna kekuningan dengan tampilan yang sedikit lebih gelap.

Memiliki bentuk yang kecil dan juga bulat serta ukuran biji yang besar. Kecapi termasuk buah dengan rasa manis dan sedikit rasa asam. Buah yang satu ini juga sering diolah menjadi selai atau manisan bahkan sebagai parfum.

Meski ukurannya kecil, Anda tidak boleh meremehkan manfaat dari buah kecapi. Hal ini tidak terlepas dari buah dan daging kulit yang bisa langsung Anda konsumsi. Anda mungkin kesulitan menemukan buah ini karena sangat langka.

Dilansir PortalMadura.Com dikutip dari idntimes.com, tetapi jika suatu hari Anda menemukannya, maka jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan manfaat buah ini bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah kecapi untuk kesehatan.

Mengobati Demam
Buah Kecapi terkenal sebagai obat demam. Bagi Anda yang sering terkena demam dan anak Anda sangat rentan terhadap penyakit ini, Anda bisa mengobatinya dengan mengonsumsi buah kecapi.

Mengobati Nyeri Perut
Nyeri perut dapat timbul karena beberapa faktor, baik karena meningkatnya bakteri atau asam lambung. Makanlah buah kecapi saat perut terasa nyeri. Rasa manis dan sedikit asam dapat menetralkan nyeri perut Anda. Nutrisi pada buah kecapi juga bisa memperlancar pencernaan Anda.

Bagus untuk Ibu yang Baru Saja Melahirkan
Buah kecapi sangat bagus dikonsumsi untuk ibu yang baru saja melahirkan. Buah ini berfungsi sebagai sumber energi yang sehat untuk semua wanita setelah melahirkan, agar tetap sehat dan segar kembali. Seorang ibu yang sehat akan lebih produktif untuk menyusui dan merawat bayinya.

Mengobati Penyakit Cacing Gelang
Anak-anak paling sering terkena penyakit cacing gelang karena mereka sering bermain di sembarang tempat. Cacing gelang bisa masuk ke perut melalui makanan. Jika terkena penyakit ini, solusinya adalah memakan buah kecapi. Manfaat kecapi dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit cacing gelang.

Anti Kanker
Kanker adalah penyakit yang berbahaya, sehingga perlu dicegah sejak dini. Manfaat kecapi juga telah terbukti secara medis dapat mencegah kanker. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara teratur sehingga tubuh Anda bisa lebih terjaga dari kanker yang menjangkiti tubuh.

Baca Juga: Viral, Kondisi Tragis Pemotor Wanita Tabrakan di Pamekasan

Menurunkan Kolesterol
Kolesterol berlebihan tentu bukan hal yang baik. Jika berlebihan, banyak jenis penyakit yang akan menyerang tubuh Anda, termasuk serangan jantung. Untuk itu, makanlah buah kecapi untuk menurunkan kolesterol. Manfaat buah kecapi untuk menurunkan kolesterol bisa dirasakan tidak hanya pada jantung, tetapi juga organ tubuh lain seperti paru-paru.

Memperlancar Pencernaan
Sakit perut juga bisa terjadi akibat sistem pencernaan yang tidak lancar. Sisa makanan yang Anda konsumsi bisa tersangkut di organ pencernaan. Manfaat buah kecapi untuk pencernaan disebabkan karena buah ini kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan Anda.

Menyembuhkan Peradangan
Manfaat buah kecapi juga dapat membantu Anda menyembuhkan peradangangan, seperti radang tenggorokan. Buah ini bisa dikonsumsi dengan cara dijus agar menjadi lebih mudah dikonsumsi, terutama untuk tenggorokan Anda. Tenggorokan akan terasa lebih segar dan juga enak.

Menghambat Sel Tumor Kulit
Penyakit tumor itu sangat banyak salah satunya adalah tumor kulit. Tumor kulit dapat dicegah dengan memanfaatkan khasiat dari buah kecapi. Konsumsi buah ini dengan rutin dapat menghambat sel-sel tumor kulit di tubuh Anda.

Kram Perut
Masih berkaitan dengan perut yaitu kram perut. Wajar jika perut terasa kaku karena beberapa faktor. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa memakan buah kecapi sebagai obat bergizi untuk meredakan kram perut.

Itulah beberapa manfaat baik dari buah kecapi bagi tubuh Anda. Namun sayang buah yang satu ini sudah sangat langka dan jarang ditemui.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : idntimes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar