oleh

Manfaat Buah Murbei bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Buah murbei merupakan tanaman sejenis berri yang banyak tumbuh di daerah beriklim sub tropis seperti di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Buah yang mempunyai nama latin Morus ini jarang dikonsumsi karena rasanya yang asam atau belum banyak yang mengenal buah ini. Padahal buah murbei mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah yang jika matang berwarna merah keunguan ini disarankan untuk dikonsumsi karena kaya akan manfaat bagi tubuh. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (3/1/2020) dari laman superlotus.website yang dikutip dari berbagai sumber.

Manfaat Buah Murbei bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping buah murbei bagi kesehatan:

Kaya Zat Antosianin

Buah murbei ternyata sangat kaya akan zat Antosianin, dimana zat ini sangat berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh, bahkan berdasarkan penelitian zat Antosianin dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit, seperti: diabetes, Penyakit Jantung, mencegah kanker dan juga mencegah penyempitan pembuluh darah. Zat Antosianin pada buah murbei terdapat pada pigmen warna alami yang berwarna merah dan keunguan pada buahnya, zat ini juga dapat di gunakan sebagai pewarna alami makanan.

Mencegah kanker

Zat Antosianin pada pigmen warna buah murbei memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas sel kanker. Sehingga dengan mengkonsumsi buah murbei akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan lebih terjaga dari serangan penyakit kanker.

Menurunkan Kolesterol Tubuh

Buah murbei juga ternyata dapat sebagai obat kolesterol. Kandungan zat buah murbei dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, yaitu zat : kuersentin, vitamin C dan antosianin. Zat-zat ini akan menghambat proses oksidasi kolesterol jahat dengan cara, zat ini mengikat oksigen yang dibutuhkan dalam proses oksidasi, sehingga untuk oksidasi kolesterol, oksigen akan berkurang dan proses nya akan melambat dan menurun.

Awet Muda

Buah murbei dengan zat antioksidannya akan mencegah penuaan dini, karena zat ini akan berfungsi sebagai agen anti penuaan. Sehingga agar anda lebih awet muda, mulailah mengkonsumsi buah ini.

Meningkatkan imunitas

Buah murbei mengandung banyak Vitamin C, dimana fungsinya untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebatal tubuh. Buah murbei mengandung banyak vitamin C, dimana dalam satu buah murbei dapat memenuhi asupan Vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari.

Baca Juga: Efek Samping Daun Kelor untuk Kesehatan

Mengatasi Anemia

Kekurangan jumlah hemoglobin yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh disebut penyakit anemia, penyakit ini timbul akibat kekurangan zat besi dalam darah, buah murbei mengandung banyak zat besi yang akan memenuhi kekurangan zat besi pada penderita anemia.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah murbei juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Buah murbei mengandungn vitamin A dan karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A pada buah murbei juga berfungsi untuk memperkuat dan mempertajam pandangan mata, mengurangi ketegangan mata serta melindungi mata dari radikal bebas dan degenerasi retina.

Kulit

Buah murbei mengandung banyak vitamin dan antioksidan dalam jumlah yang besar, dimana zat itu semua akan berguna sebagai bahan alam untuk mempercantik kulit, bahkan kerajaan di Cina jama dulu telah menggunakan buah ini sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan. Buah ini dapat bermanfaat untuk:

1. Mengurangi Bintik hitam pada wajah dan kulit
2. Buah murbei baik untuk kulit kering karena dapat meningkatkan kelembaban kulit

3. Aman bagi kulit sensitif karena tidak menimulkan efek samping jika dioleskan ke kulit

4. Kulit dapat lebih bersinar cerah dan lebih sehat karena vitamin dan zat artibun pada buah murbei

Rambut

Buah murbei juga mengandung banyak vitamin yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Biasanya penggunaannya dengan menghancurkan buah murbei dan menjadikannya sebagai bahan creambath rambut. Buah ini akan berguna untuk:

– Jus buah murbei yang diberikan ke rambut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut

– Warna alami rambut akan lebih terjaga

-Uban yang tumbuh lebih awal dapat dihindari karena buah murbei membantu meremajakan rambut

Selain kaya manfaat, buah murbei juga mempunyai efek samping yang tidak bisa dianggap remeh yaitu dalam hal penyerapan karbohidrat dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah murbei akan memperlambat proses penyerapan karbohidrat yang sedang di konsumsi.

Demikianlah manfaat dan kegunaan buah murbei yang dapat bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan kepada saudara dan kerabat Anda.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: superlotus.website

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.