Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil
Ilustrasi (lifestyle.okezone.com)

PortalMadura.Com atau merupakan buah yang tinggi kalori. Dalam 1 buah sawo terkandung sekitar 140 kalori. Selain sebagai salah satu sumber energi yang baik, buah sawo banyak mengandung nutrisi penting yang berguna untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (21/5/2021), berikut manfaat buah sawo untuk kesehatan ibu hamil:

Meningkatkan Penyerapan

Selain bermanfaat untuk daya tahan tubuh, vitamin C pada sawo memiliki peranan untuk membantu penyerapan zat besi pada tubuh ibu hamil. Kehadiran zat besi saat hamil sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.

Mengontrol Tekanan Darah

Dalam 1 buah sawo terdapat kalium sebanyak sekitar 330 miligram. Kalium berfungsi untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan memelihara kesehatan jantung.

Meringankan Kram Kaki

Tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung, kalium pada buah sawo berkhasiat untuk meringankan kram kaki saat hamil.

Meredakan Sembelit

Sembelit merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini bisa disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron selama kehamilan atau kurangnya asupan serat dan air putih. Untuk mengatasinya, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berserat, seperti buah sawo.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Untuk memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit, Bumil bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, protein, serta vitamin dan mineral, misalnya vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan nutrisi ini bisa diperoleh melalui buah-buahan, termasuk buah sawo.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.