Manfaat Daun Anting-anting Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Obati Muntah Darah

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Daun Anting-anting
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda melihat atau tahu dengan ?. Kedengarannya memang cukup asing, karena jenis tanaman ini tergolong liar dan tidak begitu dibudidayakan. Biasanya, keberadaan tanaman ini di semak-semak atau di rerumputan.

Di Indonesia, tumbuhan ini dinamakan dengan tumbuhan anting-anting karena bentuknya seperti anting. Tidak jarang, tanaman ini dulu dijadikan bahan mainan anak-anak dan ditempelkan di anting. Sedangkan jika di China tumbuhan ini dikenal dengan nama Tie Xian.

Tapi tahukah Anda, daun anting-anting tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena, tanaman dengan nama latin Acalypha australis linn ini mempunyai sejumlah manfaat yang baik bagi manusia.

Salah satu bagian yang cukup terkenal mengandung banyak manfaat dan khasiat adalah bagian daunnya. Pasalnya, bagian daun anting-anting memiliki kandungan nutrisi yang ampuh dalam mengobati berbagai penyakit.

Kandungan nutrisi di dalamnya dipercaya akan menghasilkan efek farmakologis seperti di antaranya sebagai manfaat antibotik, peluruh seni dan menghentikan pendarahan yang terjadi di dalam tubuh.

Manfaat Daun Anting-anting Bagi Kesehatan

Ada beberapa manfaat dari daun anting-anting yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif obat herbal. Lalu, apa saja manfaatnya?. Simak selengkapnya berikut ini seperti dilansir PortalMadura.Com, Jumat (31/1/2020) dari laman manfaat.co.id:

Mengobati Berak Darah, Batuk dan Mimisan

Penyakit berak darah tidak boleh disepelekan karena bisa membuat penyakit yang lebih serius terutama di daerah organ pencernaan. Penyakit batuk juga meskipun dianggap sepele namun jika tidak kunjung sembuh akan sangat berbahaya bagi tubuh Anda.

Tidak hanya itu saja, jika Anda mengalami mimisan juga perlu diwaspadai. Karena, hal itu mengindikasikan bahwa terjadi peradangan di dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan pendarahan melalui hidung.

Nah, dari masalah kesehatan tersebut, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun anting-anting. Caranya, siapkan 30 hingga 60 gram daun anting-anting yang telah kering. Kemudian, rebuslah daun tersebut dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas air saja.

Setelah itu, biarkan hingga cukup dingin, saring dan minumlah ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari. Lakukanlah secara rutin hingga penyakit yang dirasakan sembuh.

Mengobati Penyakit Disentri

Jika Anda mengalami penyakit disentri pasti sangat tidak menyenangkan karena Anda akan sulit dalam melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan daun anting-anting sebagai solusinya. Caranya, hampir sama dengan ramuan pada penyakit berak darah, mimisan dan batuk hanya saja minumlah ramuan ini secara rutin 5 hingga 10 hari.

Jika disentri masih saja tidak kunjung sembuh, Anda sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk mendapatkan diagnose yang tepat karena bisa jadi yang Anda alami bukan disentri melainkan gejala dari penyakit lainnya yang lebih parah.

Mengatasi Luka Bakar

Luka bakar akibat terkena sesuatu memang tidak mengenakkan. Jika Anda mengalaminya, Anda bisa menggunakan ramuan daun anting-anting untuk mengobatinya dengan mudah dan cepat.

Tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan daun anting-anting kemudian tumbuk hingga lembut dan tumbukan tersebut kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau hingga luka itu sembuh.

Mengobati Penyakit Kulit

Daun anting-anting memiliki zat antiseptic, dari kandungan tersebut Anda bisa dengan mudah membasmi bakteri yang ada di dalam luka tubuh Anda karena penyakit kulit seperti gatal dan kudis.

Caranya hampir sama dengan sebelumnya, Anda bisa menempelkan daun anting-ating yang sudah ditumbuk pada bagian tubuh yang luka dan gatal. Dengan begitu, penyakit kulit Anda lama-kelamaan akan sembuh.

Mengobati Penyakit Diare dan Muntah Darah

Diare merupakan salah satu penyakit yang kadang disepelekan oleh banyak orang. Namun jika dibiarkan akan sangat berbahaya karena bisa menguras cairan tubuh. Anda juga akan sangat berbahaya jika mengalami muntah darah karena ini menandakan terjadi pendarahan di dalam tubuh Anda.

Jika Anda mengalaminya, sebaiknya segera siapkan daun anting-anting satu genggam tangan dan rebuslah dengan 2 gelas air. Tunggulah rebusan tersebut hingga menjadi 1 gelas saja dan kemudian dinginkan. Setelah siap saring dan minumlah ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari ½ gelas.

Apabila Anda tidak suka dengan rasanya Anda bisa menambahkan gula jawa dan daun salam atau daun sereh. Dengan itu Anda akan mendapatkan rasa yang lebih enak dan aroma yang lebih segar.

Baca Juga :  Mundur Sebagai Pengelola Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan

Demikian sejumlah manfaat daun anting-antingan bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Apabila Anda masih khawatir menggunakannya, sebaiknya bertanya terlebih dahulu pada dokter ahlinya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.