oleh

Manfaat Daun Sirih

SUMENEP (PortalMadura) – Ternyata daun sirih begitu banyak sekali manfaatnya, lantas apa saja manfaat daun sirih? Jika anda belum begitu tahu atau paham apa saja manfaat daun sirih, berikut ada 10 manfaatnya.

Mengatasi Mimisan

iklan pilbup

Jika sedang mengalami mimisan, dapat memanfaatkan daun ini untuk mengobati mimisan, adapun caranya adalah hanya memetik selembar daun tua kemudian gulung daun dan gunakan gulungan ini untuk menyumbat hidung.

Mengatasi Mencret Atau Diare

Caranya adalah dengan menyiapkan daun sirih sebanyak 6 lembar, satu sendok makan minyak goreng dan 6 butir rempah merica. Tumbuk sampai benar-benar halus ketiga bahan, gunakanlah tumbukan ini untuk mengolesi bagian perut sipenderita.

Obat Herbal Radang Tenggorokan

Caranya adalah: siapkan air panas sebanyak satu gelas, masukan 3 lembar daun sirih yang sudah tua. Biarkan dahulu, tunggu sampai air menjadi dingin. Gunakanlah air rendaman ini untuk kumur sebanyak 3 kali sehari (dalam malakuakn kumur, kepala usahakan menghadap keatas.

Menyembuhkan Luka Bakar

Caranya adalah dengan meremas daun sirih kemudian ambil airnya, dan campur dengan menggunakan madu murni. Oleskanlah pada area tubuh yang ada luka bakarnya.

Obat Alami Sakit Bisul

Jika sedang terkena bisul, dapat memanfaatkan daun sirih untuk mengobati bisul. Adapun caranya sangat mudah yaitu hanya menumbuk daun sirih tua secukupnya. Lalu bubuhkan kearea tubuh yang ada bisulnya. Supaya tumbukan daun sirih tak rontok, balut menggunakan kain.

Mengatasi Masalah wajah (Jerawat )

Nah mungkin ada yang memiliki masalah ini (jerawat) jika memang iya, dapat menghilangkan jerawat menggunakan daun sirih loo. Caranyapun cukup mudah hanya menumbuk sekitar 8-12 lembar sirih tua, lalu seduh tumbukan daun sirih menggunakan air panas 2 gelas. Saring daun sirih, gunakan untuk merawat wajah (membasuh wajah) 2 kali dalam seharinya.

Obat Alami Gatal-Gatal Serta Alergi

Adapun caranya adalah dengan mengambil daun sirih yang sudah tua sekitar 6 lembar, minyak kayu putih secukupnya, dan jahe kuning sepotong, kemudian tumbuk halus semua bahan dan oleskan kebagian yang terasa gatal-gatal.

Mengatasi Masalah Bau Mulut

Caranya adalah sebagai berikut: ambil daun sirih yang sudah tua, cuci bersih daun menggunakan air bersih, kunyah daun sirih beberapa menit, cara ini fecktif untuk mengatasi bau mulut anda. Atau bisa dengan mengambil 6 lembar daun sirih tua kemudian rendam daun sirih di air dua gelas, gunakanlah air rendaman ini untuk kumur-kumur pagi dan sore hari.

Mengobati Masalah Pembengkakan Gusi

Rebus sekitar 5-7 lembar daun sirih yang sudah tua menggunakan air 3 gelas, rebuslah sampai mendidih. Angkat dan dinginkan beri sedikit garam dapur, gunakan air rebusan daun sirih ini untuk kumur-kumur minimal 2 kali dalam seharinya.

Menghilangkan Bau Badan

Siapkan sebanyak 3 lembar daun sirih yang sudah tua, kemudian rendam menggunakan air panas setengah gelas, lalu berikan sedikit gula diar rendaman. Diamkan dahulu sampai air hangat kuku dan minumlah air ini.(redaksi)


Tirto.ID
Loading...

Komentar