oleh

Manfaat Daun Sirih Cina Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Tumpangan air atau sirih cina yaitu jenis tanaman yang lebih tepatnya disebut gulma, karena sering tumbuh disela-sela tanaman budidaya. Biasanya tanaman ini banyak tumbuh disekitar rumah, dipekarangan terutama di tempat-tempat yang lembab.

Tanaman yang mempunyai nama latin Peperomia pellucida sering tidak dipedulikan atau bahkan dibuang begitu saja. Padahal tanaman ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (22/1/2020) dari laman mitalom.com yang dikutip dari beberapa sumber. Berikut beberapa manfaat sekaligus resep tanaman herbal sirih cina:

Manfaat Sirih Cina

1. Mengobati bisul,
2. Mengobati Jerawat,
3. Mengobati radang kulit,
4. Mengobati abses,
5. Mengobati luka bakar,
6. Mengobati luka memar/luka terpukul,
7. Mengatasi bengkak,
8. Mengobati pegal-pegal,
9. Mengobati gangguan kemih,
10. Mengobati sakit persendian karena rheumatik,
11. Mengatasi penyakit ginjal,
12. Meredakan sakit kepala pada penderita demam,
13. Mengobati sakit perut,
14. Membantu mengurangi asam urat,
15. Meredakan nyeri spasmodik parah pada perut yang disebabkan oleh distensi (Kolik)

Baca Juga: 48 Ribu Lebih di Sumenep Belum Dapat e-KTP

Cara Mengkonsumsi Sirih Cina/Tumpangan Air Untuk Pengobatan (Resep Herba Ketumpang Air)

1. Cara Mengkonsumsi Sirih Cina untuk Obat Sakit Kepala pada Penderita Demam
15 lembar daun sirih cina atau tumpangan air dicuci bersih, kemudian ditumbuk atau dilumatkan. Tempelkan ramuan tersebut pada pelipis kiri dan kanan.

Cara lain yaitu dengan merebus 2 pohon tanaman segar berukuran kecil dengan tinggi 7-10 cm yang telah dicuci bersih dalam 300 ml (1.5 gelas) air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin (hangat) minum air ramuan tersebut 1 gelas sekali minum. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

2. Resep Ketumpang Air untuk Obat Abses, Bisul, Jerawat dan Radang Kulit
Dua rumpun pohon tanaman segar ukuran kecil (tingginya 7-10 cm tinggi) dicuci hingga bersih. Kemudian direbus dengan 1.5 gelas air (300 ml) hingga tersisa 1 gelas. Minum airnya sekaligus 1 gelas selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

3. Ramuan Herba Sirih Cina untuk Obat Sakit Perut
Ambil tanaman tumpangan air segar secukupnya. Kemudian dicuci dan dilumatkan atau ditumbuk hingga halus. Peras ramuan tersebut menggunakan kain bersih. Lalu diminum airnya.

4. Resep Herbal Ketumpang Air untuk Mengobati Luka Bakar dan Luka Terpukul
Ambil tanaman segar secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih. Lumatkan atau ditumbuk hingga halus, lalu tempelkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga sembuh.

5. Resep Sirih Cina/Ketumpang Air untuk Obat Sakit Ginjal
Cuci bersih tanaman segar berukuran kecil (tingginya 7-10 cm tinggi). Rebus tanaman dengan 1,5 gelas air (300 ml) hingga tersisa 1 gelas. Minum airnya sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali, masing-masing 1 gelas. Buat ramuan baru setiap kali melakukan pengobatan.

Kandungan Kimia, Efek Farmakologos dan Nama Daerah Sirih Cina atau Tumpangan Air (Ketumpang Air)

Tanaman Tumpangan Air, Sirih Cina atau Ketumpang Air ini diketahu mengandung berbagai macam zat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Kandungan kimia tanaman tersebut antara lain alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak dan minyak atsiri.

Tanaman ini bersifat pedas dan sejuk. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman. Tumpangan air/Ketumpang air/Sirih cina memiliki efek farmakologis sebagai analgesik (pengurang rasa sakit), anti radang (anti-inflammatory) dan antibiotik.

Di Indonesia tumbuhan terna ini memiliki banyak sekali nama lokal atau nama daerah, antara lain : saladaan (Sunda), rangu-rangu, sladanan, suruhan (Jawa), tumpangan air (Sumatera, Jakarta), gofu goroho (Temate) dan masih banyak lagi.

Nah, mulai sekarang tanamlah daun sirih cina (ketumpang air) di polybag atau pot, selain sebagai tanaman obat juga untuk memperindah pekarangan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: motalom.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE