oleh

Manfaat Lakukan Double Cleansing untuk Rambut

PortalMadura.Com – Sebagian orang mungkin sudah pernah mendengar istilah double cleansing (pembersihan ganda) yang dianjurkan untuk wajah. Hal ini tidak lain diperlukan untuk membersihkan kotoran di wajah dengan sempurna. Dengan kata lain, metode ini menjadi salah satu alternatif membersihkan wajah dari sisa makeup yang digunakan.

Sebenarnya, pembersihan ganda ini bukanlah tren yang baru dilakukan. Tidak sedikit beberapa orang yang sudah menerapkannya jauh sebelum menjadi tren belakangan ini. Sesuai dengan namanya, teknik ini dilakukan dua kali.

Tidak hanya wajah, ternyata rambut juga butuh dilakukan double cleansing. Lantas, seperti apa cara dan manfaatnya?. Yuk simak penjelasan berikut ini:

Definisi Double Cleansing untuk Rambut

Double cleansing merupakan proses keramas yang dilakukan sampai dua kali dalam satu waktu. Dengan kata lain, tidak hanya satu kali saja keramas yang dilakukan, setelah keramas pertama Anda perlu mengulangnya kembali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Umumnya banyak orang melakukan keramas satu kali, padahal apabila Anda mengulangnya menjadi dua kali maka rambut Anda akan tercuci dengan sempurna.

Dilansir PortalMadura.Com, Kamis (29/8/2019) dari laman Merdeka.com, menurut direktur ilmiah L’Oreal Inggris kepada Refinery29, Steve Shiel mengatakan, double cleansing alias keramas dua kali memang diperlukan. Masing-masing tahap memiliki tujuan berbeda.

Fungsi Double Cleansing

Perlu Anda ketahui, tahapan keramas yang pertama dari metode double cleansing bertujuan untuk menghilangkan residu dari rambut dan kulit kepala. Residu yang dimaksud antara lain sel kulit mati, sebum berlebih, serta zat-zat polutan yang menempel di rambut.

Sedangkan tahapan keramas yang kedua berfungsi untuk pembersihan yang terakhir. Tujuannya tidak lain untuk memastikan rambut dan kulit kepala Anda tercuci dengan sempurna. Jadi, melakukan keramas dua kali sangat efektif bagi Anda yang ingin mendapatkan pesona rambut menawan.

Siapa yang Memerlukan Double Cleansing?

Walaupun double cleansing terbilang sangat baik dalam proses mencuci rambut. Tapi tidak semua orang memerlukannya. Apalagi bagi mereka yang mempunyai rambut tipis, halus, atau kering, justru dengan melakukan double cleansing bisa kehilangan kelembapan alami rambut.

Anda tentu tidak mau kan jika kealamian rambut Anda menjadi pudar dan malah merusaknya?. Bukan hanya mengganggu penampilan, Anda sendiri akan merasa tidak nyaman sendiri memiliki masalah rambut.

Baca Juga : Yuk Pakai Metode Double Cleansing Agar Wajah Anda Lebih Bersih

Jadi, metode double cleansing lebih tepat untuk mereka yang memiliki rambut tebal dan keriting. Pasalnya, pemilik dua jenis rambut ini lebih berisiko mengalami ketombe akibat proses pencucian rambut yang kurang maksimal.

Lantas, termasuk jenis yang manakah rambut Anda?. Akan lebih baik jika mengenali lebih dulu dan kemudian baru putuskan apakah metode double cleansing memang sesuai untuk Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba melakukannya.

Komentar