Manfaat Pakai Kaus Kaki Saat Tidur

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Pakai Kaus Kaki Saat Tidur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas memang terkadang membutuhkan usaha keras. Sebab, tidak semua orang bisa tidur nyaman di malam hari. Untuk itu, disarankan saat tidur memakai agar tidur lebih nyaman dan nyenyak. Benarkah?.

Faktanya, penelitian membuktikan bahwa tidur dengan mengenakan kaus kaki bisa memberi pengaruh positif pada pola tidur. Melansir dari laman detik.com, Kamis (25/7/2019), pada sebuah studi dalam International Weekly Journal of Science disebutkan, bahwa mengenakan kaus kaki saat tidur bisa membuat seseorang tidur lima menit lebih cepat dari biasanya.

Penemuan tersebut mendukung penelitian sebelumnya yang menyatakan, bahwa orang dewasa yang tidur dengan kaus kaki normal atau yang dihangatkan, tidur lebih cepat dari yang tidak mengenakannya. Tidak hanya itu, manfaat lainnya adalah merawat kaki kering dan menambah orgasme.

Baca Juga: Waspada! Kenali 3 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Saat Pakai Kaus Kaki Basah

Menakjubnya lagi, saat kaki yang dingin dihangatkan dengan memakai kaus kaki, maka akan terjadi vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah yang akan memberi sinyal pada otak untuk tidur. Menurut Sleep.org dikutip dari Reader's Digest, pembuluh darah yang melebar di tangan dan kaki akan mengalirkan hangat ke seluruh tubuh agar siap untuk tidur. Sehingga tubuh bisa tertidur tanpa ada perasaan gelisah.

Pengobatan tradisional China juga mempunyai konsep yang sama. Mengenakan kaus kaki saat tidur dipercaya dapat memperlancar aliran darah.

“Kaki yang dingin dapat menguras energi dari dalam tubuh dan menghalangi arus ‘qi‘ (energi) dan darah (nutrisi),” kata dokter pengobatan China dan integratif, Dr Elizabeth Trattner A.P. DOM.

Perlu diketahui, bahwa rasa kedinginan pada kaki bisa menghalangi aliran energi dan rasa hangat. Jika terus berlanjut bisa jadi seseorang merasa sakit, bahkan terkena sindrom tertentu. Maka dari itu, betapa pentingnya penggunaan kaus kaki saat tidur di cuaca dingin seperti sekarang ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.