oleh

Waspada! Kenali 3 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Saat Pakai Kaus Kaki Basah

PortalMadura.Com – Di musim hujan seperti sekarang ini, sering kali sepatu dan kaus kaki sangat rawan untuk kehujanan dan menjadi basah. Kondisi kaus kaki yang basah ini sering tidak bisa dihindari terutama ketika hujan turun di pagi hari saat kebanyakan orang berangkat kerja atau sekolah.

Selain rasa basah tidak nyaman di kaki, kaus kaki ini juga dapat menyebarkan bau yang sangat mengganggu. Hal ini terutama terjadi ketika kaus kaki digunakan sepanjang hari dan tidak ada kesempatan untuk mengganti atau mencopotnya.

Nah, beraktivitas dengan menggunakan kaus kaki yang basah ini memang sangat menyebalkan dan tidak nyaman. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat bahaya kesehatan yang mengancam dari penggunaan kaus kaki basah yang terlalu lama?.

Berikut ini tiga masalah kesehatan yang dapat muncul dari penggunaan kaus kaki basah:

Lecet dan Melepuh pada Kaki
Ketika kaus kaki dan bagian dalam kaki dalam kondisi basah, benturan dan gesekan yang terjadi antara kaki dan pembungkusnya ini semakin meningkat. Jika hal ini dibiarkan terjadi dalam waktu yang cukup lama, gesekan yang terjadi ini dapat menyebabkan kaki jadi lecet dan melepuh.

Loading...

Ruam
Kondisi lembap merupakan salah satu tempat favorit berkembang biaknya bakteri dan jamur. Jika kondisi kaus kaki basah yang dipakai ini terjadi dalam waktu lama, maka akan muncul ruam dari jamur di dalam kulit.

Baca Juga: Wow, Tidur dengan Kaus Kaki Basah Ternyata Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Trench Foot
Penyakit dengan nama trench foot ini banyak dialami oleh prajurit usai perang dunia pertama. Penggunaan kaus kaki dan sepatu basah terutama dalam jangka waktu lama di suhu dingin dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kaki, syaraf, dan pembuluh darah yang dikenal dengan penyakit trench foot ini.

Maka dari itu, mengingat masalah di atas rentan terjadi pada musim hujan seperti sekarang, pastikan untuk menjaga kaki, sepatu, dan kaus kaki Anda tetap kering.


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar