oleh

Manfaat Squat Saat Untuk Ibu Hamil

PortalMadura.Com – Squat adalah gerakan olahraga untuk melatih dan mengencangkan otot-otot panggul, bokong, paha, dan betis. Olahraga ini aman dilakukan oleh ibu hamil, baik pada trimester pertama, kedua, hingga ketiga.

Manfaat squat saat hamil tidak hanya membuat tubuh Bumil menjadi lebih bugar, tapi juga bisa meringankan nyeri punggung.

Manfaat Squat Untuk Ibu Hamil

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (11/5/2021), berikut manfaat squat untuk ibu hamil:

Mengurangi Risiko Untuk Melahirkan Dengan Bantuan Forceps

Panggul yang dapat terbuka dengan baik dapat memudahkan proses persalinan, sehingga bisa mengurangi kemungkinan dilakukannya prosedur forceps. Salah satu cara untuk meminimalkan risiko persalinan dengan forceps adalah rutin melakukan squat saat hamil.

Mengurangi Nyeri Punggung

Sakit punggung menjadi salah satu keluhan yang umum terjadi selama masa hamil. Kondisi ini tentu bisa membuat Bumil menjadi tidak nyaman dan menghambat aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi keluhan ini, cobalah rutin melakukan squat. Olahraga ini dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot, serta mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Memperkuat Otot dan Membuka Panggul

Agar persalinan bisa berjalan lancar, otot-otot panggul dan jalan lahir Bumil harus kuat. Hal ini penting agar janin lebih mudah turun ke jalan lahir dan lebih cepat dilahirkan. Nah, untuk membantu memperkuat otot-otot tersebut, Bumil bisa melakukan olahraga rutin, termasuk squat.

Mengurangi Kemungkinan Dibutuhkannya Eposiotomi

Otot panggul yang kuat dan diameter panggul yang cukup bisa membuat janin lebih mudah dilahirkan. Hal ini bisa mengurangi risiko terjadinya luka robekan di jalan lahir, sehingga risiko Bumil untuk menjalani prosedur episiotomi pun bisa berkurang. Selain dengan squat, risiko ini juga bisa dikurangi dengan cara melakukan pijatan perineum.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar