oleh

7 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Susu kedelai merupakan minuman nikmat sekaligus menyehatkan. Pengganti susu ini sejatinya bukanlah susu, namun saripati kedelai yang didapatkan dengan merendam kedelai dalam air dan mengambil sarinya yang putih seperti susu.

Tidak kalah dengan jenis susu lainnya, susu kedelai juga kaya akan nutrisi, dan jadi pilihan mereka yang bergaya hidup vegetarian untuk tetap mendapat nutrisi susu pada umumnya.

Susu kedelai mengandung beberapa vitamin dan mineral penting. Minuman ini bisa menjadi sumber yang baik untuk serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein. Belum lagi dengan banyak manfaat yang bisa diberikannya bagi tubuh manusia. Lantas apa saja manfaatnya?

7 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (17/1/2020) dari laman hellosehat.com yang dikutip dari beberapa sumber. Berikut beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh:

Kesehatan Jantung

Susu kedelai mengandung protein yang dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang memiliki keuntungan mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa penelitian membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam menurunkan tekanan darah. Didapatkan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang.

Di antara pasien dengan diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai memiliki efek yang baik untuk tekanan darah. Sehingga, konsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Mengurangi Gejala Post Menopause

Susu kedelai dapat mengurangi masalah kesehatan pada wanita setelah menopause. Beberapa penelitian menemukan bahwa isoflavone pada kedelai dapat menjaga kadar estrogen pada wanita menopause.

Sistem imun dapat tertekan setelah menopause karena efek penuaan dan berkurangnya estrogen. Isoflavone merupakan komponen yang mengandung bahan estrogenik dan antioksidan, sehingga bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh pada wanita pada periode ini.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat susu kedelai lainnya yaitu mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis pada wanita post menopause. Osteoporosis merupakan risiko yang dialami wanita pada usia menopause. Kurangnya kalsium dapat meningkatkan terjadinya penyakit tersebut.

Anti Karsinogenik

Konsumsi susu kedelai memiliki keuntungan menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Hasil dari beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi susu kedelai untuk menurunkan risiko terjadinya kanker prostat. Selain itu, kanker payudara yang turut berhubungan dengan kadar estrogen juga dapat dicegah dengan konsumsi susu kedelai.

Anti Oksidan

Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone pada susu kedelai memiliki keuntungan untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Susu kedelai memiliki efek anti oksidan dan pelindung hati yang dapat membantu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan yang terjadi didalam tubuh. Kerusakan sel sebagai hasil stress oksidatif dipercaya merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA.

Pada manusia, isoflavone ditemukan dapat mencegah oksidasi LDL dan menghambat kerusakan DNA. Sistem imun sendiri dipercaya dapat membuat pertahanan untuk melawan penyakit karena penuaan. Wanita menopause rentan terhadap penyakit kronis yang berhubungan dengan proses penuaan dan hormon. Isoflavone dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada populasi tersebut dan menghambat kerusakan oksidatif DNA pada wanita setelah menopause.

Mencegah Obesitas dan Menurunkan Kolestero

Obesitas dapat terjadi pada pria maupun wanita setelah menopause. Isoflavone pada susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat adipogenesis yang dapat menurunkan pelebaran dari jaringan lemak. Hal ini turut mempengaruhi dalam menurunnya kadar LDL kolestrol dalam darah dan dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Ketahui 10 Manfaat Kedelai Hitam untuk Kesehatan

Melancarkan Pencernaan

Susu kedelai diketahui memiliki banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat yang didapatkan dari susu kedelai ini didapatkan dari kandungan isoflavone yang terkandung di dalamnya. Isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai juga baik dalam meningkatkan absorpsi usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Semoga informasi tentang Manfaat susu kedelai diatas dapat membantu anda menemukan asupan alternatif terutama bagi mereka yang membutuhkan makanan sehat.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: hellosehat.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.