Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan
Ilustrasi (alodokter.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Kebanyakan orang mungkin jijik atau geli dengan hewan melata penghisap darah ini. Namun, keefektifan lintah dalam penyembuhan berbagai masalah kesehatan nyatanya telah dikenal sejak ratusan tahun lalu.

Hingga kini, terapi lintah masih banyak digemari sebagai salah satu alternatif penyembuhan penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah.

Hanya lintah jenis hirudo atau lintah medis yang dikembangkan dalam lingkungan khusus saja, yang bisa digunakan untuk terapi pengobatan, yaitu hirudo medicinalis, hirudo orientalis, hirudo troctina, dan hirudo verbana. Lintah jenis ini memiliki bekas gigitan berbentuk huruf Y, yang akan hilang sendiri tanpa meninggalkan bekas luka.

Lintah yang khusus digunakan untuk pengobatan, umumnya mengeluarkan air liur yang mengandung lebih dari 100 jenis protein saat mengisap darah, meski baru beberapa yang teruji dapat menyembuhkan.

Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan

Dilansir dari laman Halodoc.Com, Rabu (5/8/2020), berikut ini manfaat terapi lintah untuk kesehatan yang perlu kalian ketahui.

Baca Juga:  Manfaat Luar Biasa Doa Nabi Yunus Bagi Pembacanya

Mengatasi Hipertensi

Manfaat terapi lintah yang pertama mampu memperlancar dan menyeimbangkan tekanan darah. Air liur lintah mengandung zat yang mampu memperlancar sekaligus menyeimbangkan tekanan darah. Sebagai pengobatan hipertensi, terapi lintah dilakukan pada beberapa titik yang dapat langsung bekerja pada pembuluh vena.

Mengobati Diabetes

Pengidap diabetes selalu diintai oleh kematian jaringan yang dapat berujung pada proses amputasi. Terapi lintah dipercaya mampu mengurangi risiko kematian jaringan karena dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Terkahir Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan terdapat pada Air liur lintah , dimana air liurnya dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh, seperti peradangan saluran pencernaan, pankreatitis, dan hepatitis.

Baca Juga:  Ambunten dan Lenteng Tertinggi, PMK Merambah Kepulauan Sumenep

Cara kerja lintah dalam penyembuhan luka atau peradangan ini adalah dengan mengisap darah, lalu mengeluarkan air liur yang mengandung senyawa peptide. Senyawa tersebut berfungsi untuk mengatasi pembekuan darah dan melancarkan peredaran darah.

Menyembuhkan dan Menjaga Kesehatan Kulit

Zat kolagen yang terkandung dalam air liur lintah dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah kesehatan kulit, karena dipercaya mampu mencegah penuaan dini dan kerutan pada wajah sehingga manfaat lintah untuk kecantikan benar-benar terasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.