oleh

Manfaat Tersembunyi Biji Pepaya Yang Baik Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis dan segar. Mayoritas orang menyukai buah ini, sayangnya banyak dari mereka yang melewatkan bijinya. Padahal, biji pepeya punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Ada beberapa cara untuk makan biji pepaya. Anda bisa makan biji buah beserta dengan dagingnya sekaligus agar mudah ditelan. Bisa juga bijinya Anda gerus sampai lumat supaya lebih halus. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (7/6/2021), berikut manfaat biji pepaya unutk kesehatan:

Melindungi Fungsi Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang bertugas untuk menyaring cairan yang masih dan yang tidak diperlukan lagi dari dalam tubuh. Uniknya, ternyata biji buah pepaya diyakini mampu melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal Anda.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diujicobakan pada tikus. Menurut penelitian yang dimuat dalam African Health Sciences ini, tikus yang diberikan ekstrak biji pepaya memiliki ginjal yang terhindar dari kerusakan akibat paracetamol.

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat makan biji pepaya lainnya adalah bisa mengurangi risiko tumbuhnya sel-sel kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer membuktikan hal ini. Faktanya, biji pepaya punya sifat antikanker berkat segudang nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

Melawan Infeksi

Terakhir tapi yang tidak kalah penting, biji pepaya dipercaya dapat memerangi infeksi yang disebabkan oleh jamur dan parasit tertentu. Minum ekstrak biji pepaya kering bersama dengan madu ternyata juga efektif untuk membunuh parasit yang bersarang di usus sehingga melancarkan kerja usus.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar