Masyarakat Berhak Menanggapi Calon Pengawas Pemilihan Lapangan

  • Bagikan
Sekretariat Panwaslu Kecamatan Batuputih
dok. Sekretariat Panwaslu Kecamatan Batuputih Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Pengawas Pemilu Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memberi ruang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menanggapi dan memberi masukan kepada Pokja Pendaftaran PPL tentang calon Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) se-Kecamatan Batuputih.

Nama-nama calon PPL yang sudah ikut proses pendaftaran (rekrutmen), dapat dilihat di papan pengumuman Sekretariat Panwaslu Kecamatan Batuputih, Jl. Arya Wiraraja, Batuputih Laok, Batuputih (Depan Pusat Kesehatan Masyarakat Batuputih).

“Tanggapan dan masukan itu, akan menjadi pertimbangan tersendiri ditingkat Pokja Pendaftaran PPL dan pasti ditindaklanjuti,” tegas Ketua Panwaslu Kecamatan Batuputih, Sumenep, Hartono, Senin (8/1/2018).

Dikatakan, tanggapan dan masukan tersebut tentu sifatnya fakta, dan harus tertulis serta menyertakan bukti-bukti yang dapat ditindaklanjuti. Warga yang memberi masukan atau tanggapan harus menyertakan identitas yang jelas dan masih berlaku.

“Misalnya, si A atau B, tidak netral atau diduga terlibat dalam kepengurusan partai politik atau terikat dengan hal-hal yang menjadikan seseorang dapat gugur sebagai calon PPL. Kami butuh tanggapan dan masukan soal ini. Jika memang ada bukti pasti ditindaklanjuti,” tegasnya.

Adapun formulir tanggapan dan masukan tersebut dapat di download DISINI atau datang langsung ke Sekretariat Panwaslu Kecamatan Batuputih, Sumenep.

Sementara, Ketua Pokja Pendaftaran PPL se-Kecamatan Batuputih, Sumenep, M. Ridwan, mengaku tidak hanya siap menampung masukan dan tanggapan warga soal calon PPL. “Jika ada yang terbukti tidak seiring dengan persyaratan sebagai calon PPL, akan kami coret dan pasti tidak bisa ikut pada tahap berikutnya,” ujarnya.

Bahkan, pihaknya memberi ruang pada warga tidak hanya siang hari. “Kami siap menerima tanggapan atau masukan itu selama 24 jam. Ini waktunya masyarakat ikut serta membangun dan mengawal petugas pengawas pemilu yang benar-benar berkualitas,” katanya, yang juga diamini oleh komisioner lain, Satnawi.

Para calon PPL se-Kecamatan Batuputih, akan menjalani beberapa tahapan, hingga akhirnya Panwascam Batuputih menetapkan satu orang sebagai PPL di setiap desa. Ada 14 desa se-Kecamatan Batuputih. Setelah diambil sumpah dan janji jabatannya, mereka akan melakukan pengawasan tahapan Pilgub Jatim 2018 dan Pileg/Pilpres 2019.(Des)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.