Mau Bantu Anak Kerjakan PR? Ini Caranya!

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Bantu Anak Kerjakan PR? Ini Caranya!

PortalMadura.Com – Bukan hal yang aneh jika -anak sekolah saat ini hampir selalu membawa PR (Pekerjaan Rumah) saat pulang. Setelah durasi belajar di sekolah yang nyaris lebih dari 7 jam, kadang kita tidak tega melihat mereka masih pusing dengan tugas-tugasnya. Apalagi jika kedua sibuk bekerja dan sama-sama kelelahan ketika sampai di rumah.

Jika sudah begini, bagaimana caranya agar tugas anak tetap terpantau?  Berikut ini adalah tips membantu anak mengerjakan PR sementara orang tua tidak harus terlibat terlalu banyak dalam tugas mereka.

Mencari Tahu Hal yang Diinginkan Guru
Usahakan untuk menjalin komunikasi dengan gurunya. Dengan begini Anda bisa mengetahui hal apa saja yang menjadi harapan dan keinginan seorang guru kepada buah hati Anda. Anda juga harus tahu cara mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Menjalin komunikasi dengan guru juga akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak, apakah dia kesulita belajar, memiliki masalah kemampuan belajar, suka menunda tugas dan sebagainya. Setelah itu, komunikasikan dengan anak tentang hal tersebut. Katakan kepadanya kalau Anda akan membantu dan mendukungnya untuk bisa berprestasi.

Cukup Mengawasi
Ingatlah bahwa pekerjaan rumah adalah tugas yang harus diselesaikan sendiri oleh anak. Oleh karena itu, jangan pernah mencoba untuk mencari tahu dan memberikan jawaban kepada anak karena hal tersebut akan membuatnya semakin malas. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberikan bantuan ketika dia mengalami masalah. Bantuan yang berikan juga hanya dengan memberi tahunya cara untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Setelah anak mulai mengerti, dia pasti sudah bisa melanjutkan sendiri pekerkaan. Setelah pekerjaannya selesai, Anda bisa memeriksanya dan mengoreksi jika ada yang salah.

Menyediakan Tempat Khusus
Ada baiknya Anda menyediakan tempat khusus bagi anak yang akan mengerjakan PR. Pastikan kalau tempat tersebut bisa membuatnya merasa nyaman dan betah mengerjakan PR. Pastikan kalau Anda melibatkannya dalam pemilihan. Sediakan juga fasilitas yang dia butuhkan seperti perlengkapan sekolah atau komputer, yang akan membantu mereka mencari informasi dari internet.

Memberikan Pengingat
Sebaiknya Anda menyediakan suatu instrumen yang akan membantu anak untuk mengingat tugas yang dia miliki. Anda bisa membuat daftar tugasnya pada sebuah papan tulis. Tuliskan pada papan tersebut tugas harian dan mingguannya. Kalau perlu, buatkan daftar tugas yang harus dia selesaikan dalam seminggu. Cara ini akan membantu anak untuk mengingat tugasnya tanpa harus Anda ingatkan lagi. Sebaiknya Anda juga menggantung papan tersebut pada tempat yang bisa dilihat dengan gampang.

Membuat Jadwal
Sebaiknya Anda membuatkan jadwal untuk anak, kapan waktu terbaik yang bisa dia pilih untuk mengerjakan Prnya. Anda bisa membuatnya memilih antara pulang sekolah, sebelum makan malam atau setelah makan malam. Setelah itu, tempellah kertas yang bertuliskan “waktunya mengerjakan PR” pada jam. Cara ini akan membantu Anda dan dia untuk bisa saling mengingatkan jika waktunya telah tiba. Setelah itu, pastikan kalau anak selalu menepati jadwal tersebut.

Dia Harus Mengerjakan PR-nya
Tanamkan kepada anak kalau PR itu adalah kewajiban sehingga mereka harus mengerjakannya. Karena banyak anak yang menganggap kalau PR itu adalah pilihan yang bisa saja tidak dikerjakan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membuat peraturan kalau mereka harus belajar / mengerjakan sebelum bermain. Dengan begini, mereka bisa belajar untuk lebih disiplin.

Memberikan Pujian untuk Prosesnya
PR bisa membantu anak untuk belajar pentingnya usaha dan kerja keras. Ketika membantu anak mengerjakan PR, Anda bisa memberinya motivasi untuk tidak putus asa dan cepat menyerah sehingga mereka bisa menjadi lebih tekun dalam mengerjakan sesuatu.

Meminta Bantuan dari Guru Les
Kalau Anda mulai merasa kesuli tan untuk mengajari buah hati, Anda bisa mempertimbangkan untuk meminta bantuan dari guru les atau guru privat. Anda bisa meminta rekomendasi dari orangtua murid lain atau guru di sekolahnya. Ingatlah bahwa pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru harus bisa meningkatkan kemampuan serta kepercayaan diri anak. Tidak hanya itu, menemani mereka belajar juga bisa meningkatkan hubungan emosional Anda berdua. (segiempat.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.