Mau Berkendara Aman dan Nyaman di Bulan Ramadan? Ikuti 5 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Mau Berkendara Aman dan Nyaman di Bulan Ramadan? Ikuti 5 Cara Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan menjadi tantangan tersendiri bagi para bikers atau pengendara motor yang setiap hari harus menyusuri jalanan. Karena mereka harus menahan lapar dan haus serta menjaga kesabaran ketika berkendara.

Bagi Anda yang berencana atau sering berkendara ingin tetap aman dan nyaman menjalankan ibadah puasa, ikuti beberapa cara ini. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya:

Persiapan Perjalanan (Smart Riding)
Persiapan sebelum berkendara di bulan puasa dilakukan sejak sahur dengan memilih asupan bernutrisi tinggi seperti sayur mayur dan buah-buahan.

Hal mendasar dalam menjaga keselamatan saat berkendara, para bikers juga menggunakan jaket, helm dan sarung tangan serta membawa kelengkapan surat berkendara.

Baca Juga: Kebakaran POM Mini Landa Milik Anggota DPRD Sumenep

Kenali Rute Perjalanan
Agar perjalanan lebih efisien, para bikers dapat menggunakan aplikasi Peta Digital (GPS) untuk melihat situasi perjalanan dan memilih jalur alternatif yang tepat dan aman.

Istirahat yang Cukup
Saat berkendara di bulan puasa, bikers juga harus tetap waspada dengan rasa ngantuk. Untuk para bikers yang melakukan perjalanan jarak pendek, sempatkan beristirahat selama 10 menit.

Berpikir Positif
Menjaga perilaku berkendara saat di jalan raya mungkin mudah dalam kondisi lalu lintas normal. Tapi dalam kondisi lalu lintas yang padat atau macet saat puasa bisa mempengaruhi emosi bikers, apalagi menjelang buka puasa.

Menjaga Toleransi
Melihat prilaku bikers yang kurang tepat dalam berkendara juga dapat memancing emosi, seperti menyerobot jalanan, berkendara melawan arus maupun menggunakan trotoar.

Pada kondisi seperti ini, bikers harus mengedepankan toleransi dan rasa sabar agar kepentingan sesama pengguna jalan dapat terpenuhi serta tetap mampu mengendalikan emosi saat berpuasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.