oleh

Mau Bikin Abon Ayam Gurih dan Lezat di Rumah? Ini Resepnya

PortalMadura.Com – Abon ayam merupakan salah satu makanan enak yang banyak disukai oleh semua orang. Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging ayam dan memiliki rasa tidak kalah lezat dengan abon yang tebuat dari daging sapi.

Makanan praktis ini juga sangat mudah dibuat sendiri di rumah, serta bumbunya pun mudah didapatkan. Abon ayam biasanya dapat disajikan sebagai lauk ketika makan atau bisa juga saat Anda membuat kue dan membuat makanan lainnya.

Selamat Ibadah Puasa

Berikut ini cara membuat abon ayam yang praktis, gurih, dan lezat:

Bahan:

1 liter air
Garam secukupnya
500 gr ayam fillet
2 sendok makan minyak untuk menumis
8 lembar daun jeruk, buang tulang daun, iris tipis
2 batang serai, memarkan
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
250 ml minyak goreng

Bumbu halus:

5 siung bawang putih
8 butir bawang merah
3 buah cabai merah
4 butir kemiri
1 cm kunyit
Garam dan gula merah secukupnya

Cara membuat:

Langkah pertama, didihkan air dan garam, lalu masukan ayam fillet. Masak ayam hingga lunak, baru diangkat. Setelah itu, memarkan daging ayam dengan alat pemukul daging, suwir-suwir halus.

Selanjutnya, panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai hingga harum. Kemudian, masukan daging ayam, aduk rata.

Terakhir, tuang santan serta masak dengan api kecil sambil diaduk dan dibalik hingga kering. Angkat dan tiriskan minyaknya dengan cara ditekan atau diperas. Kemudian, pisahkan adonan abon menggunakan garpu agar tidak menggumpal. Sajikan. (tabloidbintang.com/Salimah)


Komentar