Mau Bopeng Bekas Jerawat Anda Hilang? Lakukan 9 Perawatan Ini

Avatar of PortalMadura.com
Mau Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat? Lakukan 9 Perawatan Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Muka bopeng karena bekas jerawat akan membuat seseorang tampil kurang percaya diri. Bekas luka ini tidak bisa hilang dengan sendirinya sehingga banyak orang melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan muka kembali halus dan lembut.

Untuk melakukan , Anda harus tahu terlebih dahulu apa efek samping yang akan terjadi jika menggunakan perawatan tersebut. Oleh karena itu, ini beberapa bentuk perawatan yang bisa Anda gunakan untuk atasi muka bopeng karena bekas jerawat. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Chemical Peeling
Banyak orang dengan bekas jerawat ini memilih melakukan peeling atau pengelupasan kulit untuk mengurangi jaringan parut. Selama chemical peeling, lapisan asam akan diterapkan pada wajah.

Perawatan ini menghilangkan lapisan luar kulit dan membantu sel-sel baru untuk beregenerasi. Dilansir dari laman Healthline, perawatan peeling sebenarnya tidak benar-benar menghapus bopeng di kulit wajah. Peeling lebih ditujukan untuk membuat pengelupasan kulit pada bekas luka yang tidak dalam.

Peeling wajah ini bisa dilakukan menggunakan cairan khusus wajah yang mengandung, asam glikolat, asam piruvat, asam salisilat dan asam trikloroasetat (TCA). Tapi efek samping yang paling umum terjadi adalah kulit jadi kemerahan dan iritasi setelah pengelupasan.

Krim Wajah Untuk Menghilangkan Bopeng
Krim yang bisa dibeli bebas di apotek untuk penyembuhan bekas luka sering kali jadi cara menghilangkan bopeng bekas jerawat tahap pertama. Pada dasarnya, krim ini bekerja dengan melembapkan kulit dan mengurangi gejala seperti gatal atau kemerahan.

Akan tetapi, penggunaan krim ini akan memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun kerjanya, tergantung komposisi krim tersebut dan kecocokan dengan kulit. Penggunaan krim ini juga harus dilakukan terus menerus.

Beberapa masker juga ada yang mengandung bahan seperti dalam krim ini untuk merangsang pertumbuhan kulit baru dan membantu mengurangi tanda-tanda bekas luka. Namun, kekuatan obat dalam masker bisanya berkekuatan rendah, sehingga diperlukan waktu yang lama untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.

Dermabrasi
Dermabrasi bisa membuat hasil kulit yang merata tanpa penggunaan bahan kimia. Pada proses ini kawat kecil halus yang berputar dilewatkan pada kulit yang mengalami luka untuk mengikis lapisan kulit. Dermabrasi akan menghilangkan lapisan kulit yang bopeng baik bagian dermis (kulit terluar) dan lapisan tengahnya (dermis).

Dermabrasi ini dilakukan dengan bius lokal atau umum, tergantung ukuran bopeng yang membutuhkan perawatan dermabrasi. Setelah itu kulit dibiarkan untuk sembuh.

Dengan dermabrasi ini akan membantu menciptakan tampilan yang lebih merata pada kulit, sehingga sering dilirik sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Dermabrasi harus dilakukan oleh dokter yang ahli di bidangnya, sebab sebenarnya cara dermabrasi yang kurang tepat akan meningkatkan risiko menciptakan bekas luka baru yang membesar atau menyebabkan infeksi kulit.

Mikrodermabrasi
Perawatan mikrodermabrasi ini bertujuan untuk mengurangi bopeng dengan menghilangkan lapisan kulit terluar. Mikrodermabrasi biasanya tidak menyebabkan efek samping, tetapi cenderung terlihat dampaknya kalau sudah dilakukan secara teratur.

Alih-alih menggunakan sifat kimia atau kawat untuk proses ini, perawatan kulit ini akan menggunakan bahan abrasif, seperti kristal kecil bikarbonat atau aluminium oksida untuk menggosok lapisan kulit. Proses ini cocok untuk bagian bekas jerawat bopeng yang permukaannya tidak terlalu luas.

Dermal Filler
Dokter juga bisa merekomendasikan derma filler sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Derma filler yaitu penyuntikan wajah untuk mengangkat luka bopeng agar ketinggiannya rata dengan kulit sebenarnya. Bisa dibilang ini adalah metode pengisian kulit untuk menambal bagian yang bopeng.

Ada berbagai produk di pasaran sebagai obat dalam penyuntikkan ini, termasuk asam hialuronat dan kalsium hidroksilapit. Pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, FDA, hanya menyetujui bellafil sebagai perawatan derma filler untuk bekas jerawat.

Hasil dari derma filler ini bersifat sementara, tetapi biasanya berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun, tergantung produk yang digunakan. Bellafil biasanya berlaku efeknya bisa hingga 5 tahun.

Meskipun hasilnya terlihat menggiurkan, metode ini juga memiliki beberapa risiko seperti terjadinya iritasi kulit, infeksi, atau muncul reaksi alergi.

Laser Fraksional
Perawatan lainnya yang bisa jadi cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yaitu terapi dengan laser. Terapi laser fraksional bertujuan untuk merangsang regenerasi pada bekas luka itu sendiri. Sinar laser akan diarahkan ke jaringan parut dari bagian bekas luka yang bopeng.

Laser ini akan membakar lapisan luar kulit yang bopeng dan menstimulasi pertumbuhan sel baru. Setelah melakukan laser ini bopeng akan terlihat lebih samar.

Baca Juga: Sepekan Pertama Puasa, Kinerja PNS di Sumenep Relatif Disiplin

Lapisan Laser Ablatif
Ini merupakan metode paling invasif dari perawatan laser. Metode perawatan ini bekerja dengan menghilangkan lapisan tipis kulit Anda. Metode ini biasanya membutuhkan satu hingga dua minggu untuk perawatan medis dan pemulihan. Hasil dari metode ini bisa bertahan selama bertahun-tahun tanpa perawatan tambahan lainnya.

Menggunakan pelapisan dari laser ablatif ini namun memiliki beberapa risiko, seperti adanya perubahan warna kulit, jadi kemerahan, dan pembengkakan. Maka itu, Anda perlu konsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit.

Microneedling
Ini merupakan metode terapi untuk menghasilkan kolagen lebih banyak di bagian bekas luka yang bopeng. Microneedling yaitu perawatan bertahap dengan membuat tusukan pada kulit yang bopeng, menggunakan jarum-jarum kecil.

Prinsip dalam perawatan ini yaitu saat bagian yang ditusuk sudah sembuh, kulit akan menghasilkan lebih banyak kolagen untuk mengisi bekas jerawat yang bopeng. Dengan terisinya bagian tersebut, maka luka bopeng jadi lebih tersamarkan.

Perawatan ini perlu diulang setiap beberapa minggu. American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk melakukan perawatan lanjutan setiap dua hingga enam minggu. Hasilnya bisa Anda lihat secara signifikan dalam sembilan bulan ke depan.

Pijat Wajah
Pijat wajah sebenarnya tidak secara langsung menghilangkan bekas jerawat bopeng. Akan tetapi, metode pemijatan ini dapat melengkapi terapi bekas jerawat lain yang sudah Anda gunakan. Pijat wajah dianggap dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi kulit.

Pijat wajah cenderung aman dan tidak memiliki efek samping, tetapi keampuhannya sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat memang tidak bisa dijamin.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.