Mau Masa Muda Anda Tak Sia-sia? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Mau Masa Muda Anda Tak Sia-sia? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Masa muda merupakan waktu yang tepat untuk mencari jati diri, membuktikan eksistensi, dan masa penuh semangat serta gairah. Sayangnya, banyak remaja saat ini lebih memikirkan untuk hidup bersenang-senang tanpa merenungkan bekal untuk masa depannya.

Bahkan, mereka menganggap “ngapain mikir terlalu jauh. Selagi masih muda, enjoy aja”. Padahal di waktu itulah, jangan sampai disia-siakan karena masa muda tidak akan pernah kembali lagi.

Pasalnya, ketika Anda sudah dewasa dan tua, Anda akan sadar betapa menyenangkannya masa muda. Maka dari itu, Anda patut memanfaatkan masa muda Anda dengan sebaik-baiknya.

Lantas, apa saja yang dapat Anda lakukan agar masa muda Anda bermakna?. Berikut lima hal yang patut Anda coba selagi masih muda:

Kejar Impian Anda
Setiap orang punya impian, tidak terkecuali Anda. Justru saat masih muda upayakan untuk mewujudkannya. Apalagi bagi Anda yang masih muda atau single seharusnya punya peluang yang lebih besar untuk mewujudkan impian Anda, karena tekanan masih kecil dan tidak ada tanggungan keluarga.

Kalau pun gagal, Anda masih bisa hidup. Anda masih bisa mengharapkan bantuan orang tua. Masa muda adalah waktu yang tepat untuk mengejar apa pun yang Anda impikan tanpa perlu terlalu khawatir dengan kegagalan.

Berpetualang dan Liburan ke Luar Kota atau Negeri
Jika Anda punya dana lebih, Anda boleh mencoba kegiatan ini. Saat liburan, cobalah berpetualang atau travelling ke luar kota atau luar negeri dan beberapa tempat yang sangat ingin Anda kunjungi.

Anda bisa melakukan aktivitas ini ramai-ramai bersama teman dan sahabat Anda. Hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat seru. Selain itu, Anda hanya mengeluarkan biaya untuk Anda sendiri saja. Bayangkan jika Anda pergi bersama keluarga apalagi ke tempat yang jauh, biayanya pasti berkali lipat.

Jika Anda tidak kaya, Anda mungkin akan kesulitan melakukan hal ini lagi. Apalagi jika hidup Anda pas-pasan setelah berkeluarga, dipastikan aktivitas ini harus Anda lupakan. Selagi masih muda, nikmati selagi bisa.

Bangun Koneksi atau Pergaulan dengan Seluas-luasnya
Di zaman sekarang ini Anda butuh pergaulan dan koneksi. Karena hal ini berhubungan dengan peluang. Semakin banyak orang yang Anda kenal, semakin banyak peluang yang Anda miliki. Biasanya seperti peluang bisnis atau pekerjaan.

Selagi Anda masih muda dan single, Anda bisa lakukan hal ini dengan mudah karena belum terikat dan masih bebas seperti burung di angkasa. Ketika Anda berkeluarga, mungkin Anda akan seperti burung yang terkurung dalam sangkar. Memang tidak semuanya seperti itu, tapi jumlahnya tidak sedikit.

Anda tentu punya teman yang dulunya sangat dekat. Berkumpul, nongkrong dan berpetualang bersama. Setelah menikah, jarak antara Anda dan dia kemungkinan akan semakin jauh.

Hindari Sesuatu yang Dapat Merusak Masa Depan Anda
Pernah melihat remaja yang masa depannya hancur gara-gara narkoba, mabuk-mabukan, hamil di luar nikah atau terlibat dalam aktivitas yang menghancurkan hidupnya?. Banyak, bukan?.

Selagi masih muda, isi hidup Anda dengan sesuatu yang bermanfaat dan positif. Jika Anda terjebak dalam hal negatif, hidup Anda yang panjang akan rusak selamanya. Jadi jaga diri Anda baik-baik. Hindari lingkungan yang negatif.

Persiapkan Diri Anda Menyongsong Masa Depan
Banyak hal yang bisa Anda lakukan selagi masih muda. Anda memiliki lebih banyak kebebasan. Gunakan itu untuk mempersiapkan masa depan Anda. Masa depan Anda tergantung dari apa yang Anda lakukan sekarang.

Oleh karena itu, lakukanlah apa yang ingin Anda lakukan sepanjang itu tidak merugikan diri Anda sendiri dan orang lain. Jika Anda sudah punya bekal, perjalanan menuju masa depan akan terasa lebih mudah dan tanpa banyak rintangan. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.