Mau Mobil Anda Irit BBM? Lakukan 3 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Mobil Anda Irit BBM? Lakukan 3 Hal Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Merawat memang sangat diperlukan, karena hal itu bisa membuat kendaraan awet dan tahan lama, selain itu juga mobil lebih irit bahan bakar. Sehingga nyaman saat digunakan.

Nah, jika bicara soal hemat bahan bakar pasti semua pemilik mobil menginginkannya. Apalagi saat ini harga bahan bakar naik, sehingga hal itu bisa mengurangi pengeluaran Anda. Namun ternyata, banyak pemilik mobil yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa bagian penting mobil yang perlu dirawat agar bisa menghemat bahan bakar. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Gunakan Oli yang Tepat
Ada baiknya jika mengganti oli mobil, maka hal yang harus diperhatikan yaitu pastikan oli telah direkomendasikan pabrikan seperti yang tertera pada buku manual.

Sementara menurut situs resmi informasi pemerintah USA FuelEconomy.gov, jika mobil Anda seharusnya menggunakan oli 10W-30, namun menggunakan oli 5W-30, maka hal akan mengurangi jarak tempuh 1-2 persen sehingga mobil menjadi tidak irit. Maka dari itu, penggunaan jenis oli juga sangat penting.

Biarkan Mobil Anda Bernapas Lega
Arti dari bernapas yaitu soal udara yang masuk ke mesin lewat filter udara.
Seperti diketahui filter udara berfungsi menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran pada kendaraan. Jika filter udara kotor, maka hal itu akan membuat filter tersumbat, sehingga menghambat suplai udara di ruang bakar.

Akibatnya, beban tenaga di ruang bakar terhambat dan harus mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga bahan bakar menjadi lebih boros dibanding keadaan normal kendaraan.

Jangan Pelit
Banyak hal yang disepelekan pada bagian jantung pacu. Termasuk penggantian busi. Salah satu masalah pada busi yaitu jika kotor atau usang, maka hal itu akan membuat pembakaran tidak konsisten, sehingga kinerja mesin jadi berkurang namun memerlukan bahan bakar yang cukup.

Karena itu, ada baiknya, jika terjadi masalah, maka langsunglah bergegas untuk mengganti part yang baru dan original, tanpa perlu menunggu lama atau menggunakan part bekas atau palsu karena iming-iming harga murah. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.