Mau Mudah Lulus Ujian SIM? Ini Caranya

  • Bagikan
Cara Mudah Buat SIM
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika mengajukan permohonan pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) banyak pemilik kendaraan yang mengaku tidak mudah dalam mengikuti ujiannya. Padahal, sebenarnya untuk lulus ujian SIM itu tidak terlalu sulit yang penting pengendara tidak lupa untuk belajar dan berlatih.

“Tips untuk bisa lulus ujian SIM itu, layaknya ujian di sekolah. Jadi kalau mau menghadapi ujian yang kita lakukan itu belajar dan berlatih. Tetapi mengenai peraturan undang-undang dan tentang lalu lintas jalan,” kata Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar.

Lantas, bagaimana cara pengendara bisa mendapatkan materi yang akan dipelajari?.

“Jadi pengendara bisa dengan cara mengakses pembelajaran secara online dengan mengujungi www.korlantas.polri.go.id atau mungkin bisa belajar mandiri membeli buku-buku aturan tentang lalu lintas,” ujarnya.

Lalu, bagaimana dengan ujian untuk permohonan SIM praktik?. Fahri juga menjelaskan dengan gamblang cara agar bisa lulus ujian praktik SIM.

“Tentunya bagi yang sudah mengikuti ujian praktek sudah tahu (yang gagal ujian praktik pengambilan SIM, red). Kalau belum tahu bisa melihat dalam website kami atau buku Peraturan kapolri No.9 2012,” ungkapnya.

“Di situ ada materi-materi ujian praktik bagaimana ujian praktik roda dua dan empat. Selain itu, pengendara bisa berlatih di sekolah mengemudi yang terakredetasi,” tambahnya.

Untuk itu, sebelum mengajukan permohonan pembuatan SIM sebaiknya pengendara berlatih dahulu. (detik.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.