Mau Otak Kamu Cerdas? Lakukanlah 7 Hobi Ini!

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Sebagian orang beranggapan bahwa kecerdasaan itu adalah bakat atau turunan. Namun hal itu ternyata salah, kecerdasan itu bisa dikembangkan.

Nah untuk mengembangkan kecerdasan pun ternyata tidak terlalu rumit di bawah ini ada beberapa hobi yang akan nenambah kecerdasan kamu.

Bermain Alat Musik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dan memainkan alat musik meningkatkan kapasitas memori. Bermain alat musik juga mengajarkan kamu untuk bersabar dan tekun, karena butuh waktu dan usaha untuk belajar alat musik. Hobi ini juga meningkatkan konsentrasi kamu.

Membaca

Membaca tidak hanya bisa mengurangi stres dan membantu kamu mengalami berbagai perubahan emosi, dan mengajarkan kamu banyak hal baru. Membaca juga penting untuk menambah pengetahuan, menyiapkan kamu menghadapi berbagai situasi, dan menjadi lebih produktif dalam upaya mencapai tujuan kamu.

Belajar Bahasa Baru

Proses mempelajari bahasa baru termasuk tugas seperti menganalisa struktur gramatik dan mengenal kosa kata baru akan secara otomatis meningkatkan kecerdasan dan kesehatan kamu. Berbagai eksperimen juga memebuktikan, bahwa orang yang kecerdasan verbal-linguistiknya tinggi memilki kemampuan hebat dalam menyusun rencana, mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah.

Travelling

Setiap lokasi baru yang kamu kunjungi akan menawarkan banyak hal baru yang bisa kamu pelajari. Kamu akan bertemu beragam orang, makanan, budaya, dan gaya hidup yang berbeda. Sehingga kamu akan mendapat ide-ide baru yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Memasak

Mereka yang hobi mencoba-coba resep baru punya tingkat kreativitas tinggi. Mereka biasanya mengutamakan kualitas, tidak takut mencoba hal baru, dan sangat memperhatikan hal-hal terperinci. Saat memasak, kamu belajar untuk multitasking, mengukur dengan tepat dan mengambil keputusan cepat. Lewat semua kecakapan ini, kamu juga akan menjadi lebih pintar.

Jadi Anggota Tim Olahraga

Ikut serta dalam kegiatan olahraga secara rutin, tidak hanya melatih otot tetapi juga melatih otak menjadi lebih fleksibel dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Jadi pemain dalam olahraga tim juga akan meningkatkan kemampuan merespon, koordinasi, dan percaya diri.

Main Scrabble dan Sudoku

Kamu suka permainan papan seperti sudoke dan scribble, atau menyelesaikan puzzle? Ini sudah hobi yang tepat. Semua aktivitas ini membantu otak membentuk analogi dan hubungan baru. Kamu jadi belajar cara merespon situasi secara kreatif, mengembangkan kemampuan untuk memandang masalah dari berbagai perspektif berbeda, dan dengan demikian menjadi lebih produktif. (dw.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.