oleh

Mau Tahu Perbedaan antara Benua dan Pulau? Baca Disini!

PortalMadura.Com – Belajar geografi tentu tidak akan terlepas dengan pulau dan benua. Namu tahukah kamu perbedaan dari keduanya? Yuk simak di bawah ini.

Benua
Terdapat 7 benua di dunia yaitu Eropa, Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan antartika. Sebagian orang menyebut dunia memiliki 6 benua karena mereka menggabungkan Amerika Utara dan Selatan dan menyebutnya sebagai benua Amerika. Asia adalah yang terbesar sementara Australia adalah benua terkecil.

Benua adalah daratan besar yang dipisahkan oleh badan air besar dan terdiri dari banyak negara dengan batas-batas politik yang didefinisikan dengan baik. Meskipun demikian, tidak terdapat badan air yang memisahkan Eropa dan Asia. Tidak ada pula definisi batas yang memisahkan Eropa dan Asia. Itu sebab, beberapa penulis menyebutnya Eurasia karena alasan ini.

Secara geologi, Asia dan Eropa seharusnya menjadi satu benua tunggal. Karena ketidakkonsistenan ini, batasan sebuah benua lebih dominan diputuskan oleh konvensi daripada kriteria ilmiah.

Selain sebagai daratan besar, terdapat beberapa karakteristik lain dari benua. Benua dianggap memiliki lapisan kerak bumi stabil yang berbeda dari kerak benua lainnya. Setiap benua juga memiliki keunikan flora dan fauna, serta keunikan budaya dari berbagai populasi manusia.

Pulau
Pulau digambarkan sebagai daratan yang lebih kecil dari benua dan dikelilingi oleh air pada semua sisi-sisinya. Namun, definisi ini tidak menyebutkan hingga ukuran berapa sebuah pulau akan disebut sebagai benua.

Kadang-kadang, terdapat banyak pulau-pulau kecil yang dikelompokkan bersama dan disebut sebagai kepulauan. Mengacu pada definisi sebuah pulau, Australia sebenarnya adalah sebuah pulau, tapi diberi label sebagai benua.

Di lain pihak, Greenland, adalah pulau raksasa dan memiliki ukuran jauh lebih besar daripada kebanyakan negara di dunia tetap disebut sebagai pulau.

Apa perbedaan antara Pulau dan Benua?

• Terdapat 7 benua di dunia sementara terdapat ribuan pulau di seluruh dunia.

• Benua pada umumnya berukuran jauh lebih besar dari pulau dan memiliki banyak negara serta memiliki batas-batas politik yang didefinisikan dengan baik, meskipun benua tidak memiliki ukuran pasti

• Australia, benua terkecil, pada dasarnya adalah sebuah pulau.

• Greenland adalah sebuah pulau yang sangat besar yang lebih besar dari banyak negara di dunia.

• Setiap benua memiliki budaya serta flora dan fauna yang unik. (amazine.co/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.