oleh

Mei Melemah, Optimisme Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Indonesia

PortalMadura.Com – Bank Indonesia mengindikasikan pelemahan optimisme konsumen Indonesia terhadap kondisi ekonomi masih berlanjut, mengutip hasil Survei Konsumen Bank Indonesia selama Mei 2020.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko mengatakan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2020 berada di level 77,8, lebih rendah dibandingkan dengan April yang masih sebesar 84,8.

“Melemahnya optimisme konsumen terjadi pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kategori kelompok usia,” ujar Onny dalam keterangan resmi, Jumat (12/6/2020).

Menurut dia, secara spasial keyakinan konsumen menurun di 14 kota yang disurvei, dengan penurunan terdalam di kota Manado minus 30,7 poin, diikuti Mataram minus 27 poin, dan Ambon minus 17,9 poin.

“Melemahnya optimisme konsumen terutama disebabkan oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, dengan penurunan terdalam pada indeks ketersediaan lapangan kerja saat ini,” ungkap Onny.

Indeks ketersediaan lapangan kerja saat ini turun dari 41,2 pada April menjadi 28,2 pada Mei.

Sementara di sisi ekspektasi, konsumen masih relatif optimistis terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang meskipun tidak sekuat perkiraan bulan sebelumnya.

Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi pada Mei yang sebesar 104,9, lebih rendah dari indeks pada April yang sebesar 106,8, namun masih berada pada zona optimis.

“Konsumen memperkirakan kondisi ekonomi akan mulai pulih pada 6 bulan ke depan seiring meredanya pandemi Covid-19,” ujar Onny.

Dia menambahkan, bahwa konsumen juga masih cukup optimistis dengan perkiraan ketersediaan lapangan kerja yang membaik dan penghasilan yang meningkat pada 6 bulan mendatang, seiring dengan perkiraan meredanya pandemi Covid-19 di Indonesia.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar