oleh

Melalui Program IRN, Indofood Beri Dana Penelitian Pangan Lokal Kepada Mahasiswa Madura

PortalMadura.Com, Bangkalan – PT Indofood Sukses Makmur Tbk mensosialisasikan program Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2019/2020 di Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Selasa (16/4/2019).

Pogram IRN merupakan pogram Corporate Social Responsibility Indofood pilar Building Human Capital yakni berupa pemberian dana bantuan riset kepada mahasiswa S1 yang tengah menyelesaikan tugas akhirnya dan berasal dari berbagai jurusan.

Bertajuk Pengembangan Sistem Pangan Berkelanjutan Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal untuk Peningkatan Kesehatan, Kecerdasan dan Prestasi Bangsa yang diselenggarakan di Gedung Rektorat Lt. 10 Universitas Trunojoyo Madura tersebut dihadiri 250 hingga 300 mahasiswa dari berbagai universitas di Madura dengan dua pemateri yakni Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, Msc dan Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, MS.

Menurut Branch HR Manager PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Divisi Mie Cabang Jawa Timur, Dodod Darmasasi, Madura merupakan salah satu wilayah di Indonesia bagian Timur yang memiliki potensi pangan yang potensial. Karena itu, PT. Indofood mencari universitas-universitas yang mahasiswanya dapat menggali potensi lokalnya lebih baik.

“Pertama kami melihat dari sejarah waktu ke waktu yang banyak berpartisipasi dan memenangkan itu dari Indonesia Bagian Barat. Padahal kami melihat potensinya banyak di Indonesia Bagian Timur seperti di Madura ini. Kedua, kami juga melihat potensi-potensi yang bersifat kelautan. Nah, Madura ini berhubungan dengan garam, rumput laut yang besar yang bisa dikembangkan,” katanya.

Menurutnya, indofood sebagai company nasional ini tidak ingin ada masalah dalam hal pangan. Dengan adanya program tersebut, tidak menutup kemungkinan masing-masing pangan lokal bisa berkembang sedemikian rupa dan secara nasional akan menjadi pangan yang beragam. Sehingga, ketergantungan kepada salah satu atau dua jenis produk pangan saja.

Selain itu, ia juga meyakini bahwa bila hal tersebut berkembang, maka tidak hanya ekonomi “Indofood” saja yang akan berkembang, tetapi yang lainnya juga ikut berkembang.

Loading...

Di samping itu, Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M. Si, berharap dengan adanya pogram ini akan muncul perkembangan pangan di Madura dan sosialisasi yang diadakan Indofood ini bisa berlanjut terus.

“Saya kira Indofood ini menentukan perguruan tinggi di Madura sudah benar, sesuai dengan harapan kita juga. Karena biasanya program-program seperti ini dilakukan di perguruan tinggi yang sudah maju dan saya harap dapat dilakukan di perguruan-perguruan tinggi lainnya di Madura,” tutupnya.

Dalam dua dekade terakhir, indofood telah bertransformasi menjadi sebuah penelitian total food solutions dengan kegiatan operasional yang mencangkup seluruh tahapan proses produksi makanan. Mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar.

Program Indofood Riset Nugraha (IRN) dan Cara Dapatkan Dana Penelitian
Program IRN dimulai sejak tahun 2006 sebagai lanjutan dari program Bogasari Nugraha yang didirikan sejak tahun 1998 oleh Bogasari Flour Mills yakni salah satu kelompok usaha strategis PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang memiliki usaha di bidang produksi tepung terigu dan pasta.

Objek penelitian yang dilakukan adalah sumber daya pangan lokal berasal dari darat atau laut. Seperti aneka pangan sumber karbohidrat (contohnya sereal jagung, gandum, aneka umbi, dll), kelapa dan kelapa sawit, rempah-rempah, hasil ternak, hasil laut dan perikanan, serta produk pangan lokal unggul lainnya.

Adapun bidang penelitian produksi meliputi bidang produksi (agro teknologi), teknologi (pasca panen dan pengolahan), kesehatan dan gizi masyarakat, serta bidang ekonomi sosial dan budaya.

Syarat dan Cara Dapatkan Dana Penelitian
Daftarkan proposal penelitian Anda melalui website www.indofoodrisetnugraha.com atau dengan mengirimkan email ke indofoodrisetnugraha@indofood.co.id. Dimulai tanggal 8 April-20 Juli 2019.

– Jangka waktu penelitian paling lama satu tahun.

– Menyertakan riwayat hidup lengkap mahasiswa dan dosen pembimbing dan penelitian dilakukan di Indonesia.

– Seluruh proposal tersebut nantinya akan menjalani proses seleksi, baik seleksi administratif, maupun seleksi substantif penelitian.

– Pengumuman penerima dana IRN akan dilakukan pada September 2019.


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Putri Kuzaifah
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar