Menakjubkan, Ini Manfaat Minum Air Rendaman Mentimun Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Menakjubkan, Ini Manfaat Minum Air Rendaman Mentimun Bagi Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya disajikan bersama lalapan. Sayuran ini tergolong memiliki harga yang sangat murah. Tidak heran jika banyak orang menyukainya untuk dikonsumsi.

Walaupun keberadaannya mudah ditemui, tapi Anda tidak boleh mengabaikan khasiat ajaib yang ada pada mentimun. Pasalnya, kandungan yang ada didalamnya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Apalagi jika Anda meminum air rendamannya.

Isi dari air rendamannya ialah irisan mentimun yang kemudian dimasukkan dan didiamkan selama 12 jam ke dalam air minum, manfaat yang akan di dapat oleh tubuh yaitu akan terlindungi dari serangan berbagai macam penyakit termasuk faktor kekurangan gizi.

Tidak hanya itu saja, sayur ini juga kaya akan kandungan Vitamin C, Vitamin B, K, kadar antioksidan, kalium, mangan serta tembaga yang akan membuat badan tetap fit. Karena banyaknya manfaat yang di dapat. Oleh sebab itu, Anda sangat di anjurkan untuk mengonsumsinya, berikut manfaat-manfaat yang akan Anda rasakan:

Bagus untuk Otot dan Tulang
Mentimun dapat memperkuat jaringan ikat, serta membuat tulang-tulang menjadi sehat. Ini disebabkan karena mentimun kaya akan kandungan silika yang sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat, sehingga otot dan tulang tetap kuat.

Memperkuat Imunitas
Air mentimun kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Hal ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara vitamin C dapat menjaga kebugaran dan membantu meningkatkan proses penyembuhan.

Membersihkan Tubuh
Air mentimun mengandung detoksifikasi, yang mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Termasuk membersihkan hati, juga mengeluarkan metabolit yang ada pada tubuh. Air mentimun juga membantu organ-organ tubuh untuk bekerja lebih efektif.

Mengurangi Kolesterol Jahat
Sterol yang terkandung dalam air mentimun ini dapat membantu mengeluarkan kolesterol. Sehingga air mentimun ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Mentimun juga dapat membantu aliran darah lebih lancar.

Membantu Melawan Kanker
Kadar antioksidan (pinoresinol) yang tinggi dalam air mentimun dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Kandungan antioksidan ini yang dikandung dalam air mentimun ini memiliki manfaat untuk mengeluarkan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel rusak dan kanker.

Membuat Ginjal Sehat
Mentimun juga dapat mengurangi kandungan kadar asam urat dalam tubuh. Di samping itu, air mentimun juga dapat menghilangkan kreatinin, asam urat dan juga limbah lain yang terkumpul dalam ginjal.

Menghilangkan Bau Mulut
Mentimun memiliki kandungan phytochemcials yang dapat mematikan bakteri di dalam mulut, sebagaimana bau mulut disebabkan oleh bakteri yang ada di mulut.

Melindungi Otak
Kandungan anti-inflamasi, fisetin yang terkandung pada mentimun dapat membantu meningkatkan kesehatan otak serta dapat mengurangi peradangan. Khasiat dari air mentimun ini juga mampu mencegah kerusakan dalam otak dengan membantu meningkatkan aliran darah ke dalam otak.

Baik untuk Kulit dan Rambut
Kandungan antioksidan pada mentimun yang direndam dalam air akan membantu menjaga kulit tetap bersinar. Kandungan sulfur dan silikon pada mentimum juga dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat mentimun yang direndam dalam air minum. Jika Anda ingin segera merasakan manfaat dan khasiatnya, segeralah mencari atau membeli mentimun, kemudian iris-iris dan masukkan ke dalam gelas atau botol infused water Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (tribunnews.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.