Menanam Pohon: Aksi Kecil dengan Dampak Besar bagi Bumi dan Kehidupan

Avatar of hartono
Menanam Pohon: Aksi Kecil dengan Dampak Besar bagi Bumi dan Kehidupan
Kegiatan Menanam Pohon (Sumber: LindungiHutan)

PortalMadura.Com – besar terkandung dalam kegiatan menanam , tidak hanya bagi lingkungan tapi juga sebagai tuntunan bagi umat muslim. Tidak hanya lingkungan yang mendapat manfaat, namun dari sisi spiritual, menanam pohon turut dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dari sahabat Jabir RA, tercatat sabda Rasulullah SAW, “Setiap muslim yang menanam pohon akan mendapat pahala sedekah dari setiap manfaat yang diambil dari pohon tersebut, termasuk jika buahnya dicuri. Setiap pengurangan pada pohon akan dihitung sebagai sedekah bagi pemiliknya hingga hari akhir.”

Mengapa kita harus menanam pohon?

  1. Menjaga Keseimbangan Lingkungan

Penanaman pohon berkontribusi pada keseimbangan ekologi dengan menambah kelembaban dan nutrisi tanah, mengurangi erosi, dan menyediakan habitat bagi makhluk hidup, serta menjaga keanekaragaman hayati.

  1. Melawan Perubahan Iklim

Pohon berperan vital dalam mengurangi karbon di atmosfer melalui proses fotosintesis, memberikan oksigen, dan membantu mengurangi efek pemanasan global.

  1. Mendorong Kesejahteraan Sosial-Ekonomi

Pohon tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui hasil , kayu, dan buah yang dapat meningkatkan pendapatan.

  1. Amal Jariyah

Menanam pohon sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW merupakan amal jariyah yang terus memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

Dalam bulan Ramadan, ikut serta dalam penghijauan bukan hanya amal baik tapi juga investasi untuk masa depan. LindungiHutan menawarkan program Sedekah Pohon bagi yang ingin berkontribusi pada pelestarian lingkungan di bulan ini.

Untuk lebih lanjut, kunjungi https://lindungihutan.com/sedekahpohon/.

Tentang LindungiHutan

LindungiHutan adalah start-up yang berfokus pada konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat lokal dengan 808 ribu pohon telah ditanam melalui kolaborasi dengan 517 brand dan lokasi penanaman di seluruh Indonesia, menawarkan program dan Carbon Offset.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.