Perkenalkan Raybe VTOL, Drone Lokal Berteknologi Tinggi

Avatar of hartono
Perkenalkan Raybe VTOL, Drone Lokal Berteknologi Tinggi
Drone Raybe yang sudah bersertifikat TKDN (Sumber : PT Terra Drone Indonesia)

PortalMadura.Com – Drone Raybe, produksi dalam negeri, menunjukkan kemampuannya bersaing di arena internasional dalam bidang pemetaan udara. Dengan kelebihan seperti kemampuan VTOL dan TKDN sebesar 25%, Raybe menjadi pilihan ideal untuk berbagai situasi sulit di Indonesia. Drone ini tidak hanya berguna untuk pemetaan, tetapi juga untuk keperluan lain seperti pemantauan kondisi tanaman dan penanggulangan bencana.

Drone lokal tak kalah hebat dibandingkan produk asing. Contohnya adalah drone Raybe, buatan Bentara Tabang Indonesia (BETA) di Bandung. Raybe, dengan teknologi Vertical Take-Off & Landing (VTOL), mampu beroperasi di area terbatas dan menjangkau hingga 50 km. Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) telah diberikan kepada Raybe dengan nomor 4996/SJ-IND.8/TKDN/6/2023, menandakan bahwa komponen lokalnya mencapai 25%.

Raybe dirancang untuk menjawab kebutuhan pemetaan yang kompleks, menawarkan keunggulan dalam fleksibilitas dan akurasi untuk pengambilan data yang tepat dan efisien. Desain kompaknya memungkinkan lepas landas dan pendaratan yang lancar di area terbatas, sangat sesuai untuk keadaan geografis Indonesia yang penuh tantangan.

Pemetaan udara memerlukan solusi khusus karena tantangan unik yang ada, dan Raybe hadir sebagai jawabannya dengan dilengkapi fitur-fitur canggih.

Drone

Konfigurasi: VTOL Tilt-Rotor

Material: Advance composite

Rentang Sayap: 1830 mm

Planform: 1270 mmB

erat Kosong: 3650 gram

MTOW (Maximum Takeoff Weight): 5200 gram

Berat Maksimum Payload: 500 gram

Kotak Keras: 95x65x35 cm

Produktivitas

Waktu Terbang: Hingga 50 menit

Rentang Telemetri LOS: Hingga 8 kilometer

Kecepatan Maksimum: 22 meter per detik

Kecepatan Pesawat: 17 meter per detik

Kecepatan Stall: 14 meter per detik

Pilihan Payload:

Kamera RGB APS-C 20 MP

Kamera RGB Full Frame 24 MP

Kamera RGB Full Frame 42 MP

Kamera Multispektral RedEdge-P

Gimbal Pemantauan Ultra HD 4K

Kamera RGB Full Frame 60 MP

Kit Modul RTK EMLID Reach

Selain untuk pemetaan, drone Raybe juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai aplikasi lain antara lain:

Identifikasi Kesehatan Tanaman: Sensor multispektral yang terintegrasi dengan Raybe memungkinkan pemetaan kesehatan dan kematangan tanaman dengan akurasi tinggi, berdasarkan analisis reflektansi dan kerapatan tanaman.

Analisis Kondisi Tanah: Dengan kemampuan untuk menilai kondisi tanah seperti kadar kelembaban, kandungan bahan organik, tingkat nutrisi, dan tekstur tanah, Raybe membantu dalam pengelolaan sumber daya pertanian dengan lebih efektif.

Sensus & Penghitungan : Melalui penggunaan gambar udara yang diperoleh dari drone, sensus dan penghitungan pohon dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Mitigasi Bencana: Raybe hadir sebagai alat yang andal untuk pemetaan daerah yang terkena dampak bencana alam, seperti letusan gunung, dengan menghasilkan ortofoto dan peta 3D yang detail.

Raybe VTOL sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan dan instansi dalam negeri. Terra Drone Indonesia pun menjadi Raybe untuk mengerjakan beberapa pekerjaan di industri konstruksi, tambang dan agrikultur.

Perkenalkan Raybe VTOL, Drone Lokal Berteknologi Tinggi
Drone Raybe sudah dipakai oleh berbagai lembaga pemerintahan hingga swasta (Sumber : PT Terra Drone Indonesia)

Indra Permana Sopian selaku CEO BETA UAS mengungkapkan “Raybe sudah punya sertifikat TKDN, jadi sangat cocok untuk pengadaan pemerintah. Para pengguna juga tidak perlu khawatir karena Raybe produk lokal, jika ada masalah atau kerusakan di lapangan, tim Raybe dapat langsung datang untuk memperbaiki atau bahkan mengirim drone pengganti. Di tahun lalu sendiri, Raybe sudah dibeli oleh beberapa perusahaan seperti Kementerian PUPR, PT Timah Tbk, Adaro, Pusri, BNPB hingga dengan PT POS untuk peluncuran logistik hub di IKN.”

Michael Wishnu Wardana sebagai Managing Director Terra Drone Indonesia mengungkapkan, “Terra Drone Indonesia banyak mengandalkan drone Raybe untuk berbagai pekerjaan sulit. Selama ini tidak ada kendala yang berarti selama penggunaanya. Beberapa waktu lalu pun, kami membeli beberapa unit Raybe untuk memperkenalkannya ke pusat tepatnya di Jepang, dan direncanakan akan digunakan di beberapa negara kedepannya.”

Sebagai pengguna yang telah membuktikan keunggulannya, Terra Drone Indonesia yang juga merupakan reseller drone Raybe yang dapat menghadirkan teknologi maupun pemanfaatannya kepada para pelanggan di Indonesia. Selain menjual produk dan jasa dari drone Raybe, Terra Drone juga memberikan pelatihan untuk memastikan pengguna dapat memanfaatkan drone secara maksimal. Terra Drone Indonesia juga memberikan  diskon khusus pembelian drone Raybe di website Terra Store yang berlaku hingga 23 Mei 2024.

About PT Terra Drone Indonesia
PT Terra Drone Indonesia merupakan perusahaan penyedia jasa pemanfaatan drone untuk kegiatan survei udara dalam aplikasi industri yang meliputi pemetaan & pemodelan udara, serta inspeksi & pemantauan udara. Selain itu, Terra Drone Indonesia juga memberikan pelatihan & konsultasi bagi perusahaan yang sudah menggunakan drone untuk operasional sehari-hari. Terra Drone Indonesia memiliki fokus untuk menyediakan solusi di sektor minyak & gas, pertambangan, konstruksi, infrastruktur, dan ketenagalistrikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.