oleh

Mendaftar Naik Haji 2015, Masih Berangkat Tahun 2033

PortalMadura.Com, Pamekasan – Bagi masyarakat Pamekasan, Madura, Jawa Timur yang berkeinginan untuk naik haji ke tanah suci Mekkah dituntut untuk bersabar. Para calon jamaah haji (CJH) tersebut harus menunggu selama 18 tahun.

Staf pelaksana haji dan umroh Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Siti Khalisoh menuturkan, terdapat dua jenis haji yang bisa ditempuh oleh masyarakat, yaitu ongkos naik haji (ONH) plus dan ONH regular.

“Kalau ONH regular harus menunggu selama 18 tahun, sementara kalau ONH plus selama 8 tahun,” ungkapnya, Senin (9/2/2015).

Keterlambatan pemberangkatan itu, kata dia, lantaran adanya renovasi masjid Nabawi yang ada di tanah suci Mekkah. Hal itu, tidak hanya berlaku untuk tamu Allah yang dari Indonesia saja, melainkan juga untuk para CJH dari negara lain.

Namun, lanjut dia, calon pendaftar untuk wilayah Pamekasan, baik ONH plus atau ONH regular setiap hari tergolong banyak.”Setiap hari, rata rata 6 sampai 10 orang yang mendaftar naik haji,” tutupnya. (Marzukiy/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE