oleh

Mengapa Harus Berhenti Makan Sebelum Kenyang? Ini Jawaban dalam Islam

Portal Madura.Com – Prinsip hidup sehat dan cara untuk mencegah berbagai penyakit telah diajarkan dalam Islam. Salah satu prinsip tersebut adalah “berhenti makan sebelum kenyang”. Pernyataan ini mungkin sudah sering Anda dengar, akan tetapi informasi ini terkadang hanya menjadi sebuah pemberitahuan yang tidak berarti.

Sebagian orang masih banyak yang tidak berhenti makan sampai perutnya merasa kenyang. Padahal, dengan kebiasaan Anda ini menjadi salah satu masalah penyebab penyakit lho. Tentunya bagi Anda yang menyayangi tubuhnya sendiri tidak akan mau terserang penyakit hanya karna masalah kecil ini saja.

Nah, mulai sekarang ubahlah kebiasaan Anda dengan cara berhenti makan sebelum kenyang. Karena hal ini merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah penyakit diabetes mellitus.

Dikutip PortalMadura.Com Jumat (30/12/2016) pada laman Republika.co.id, hal ini terungkap dalam forum ‘dialog kesehatan’ yang digelar oleh Silaturahmi Majelis Taklim PT Indonesia Power bersama Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Semarang, di Kabupaten Demak. Salah satu tenaga medis spesialis RSI Sultan Agung, dr Ricat H Malik pada kesempatan itu menjelaskan, salah satu prinsip-prinsip hidup sehat dalam Islam adalah berhenti makan sebelum kenyang.

“Jika diterapkan sebagai sebuah kebiasaan, maka hal ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit diabetes mellitus atau kencing manis, selain pola hidup dengan sehat rajin berolahraga” ungkapnya.

Ricat H Malik juga mengungkapkan, ada sebuah hadis riwayat Abu Daud yang menjelaskan tentang prinsip- prinsip hidup sehat guna menghindarkan diri dari penyakit diabetes mellitus. Hadis ini berbunyi “Kita ini golongan ummat yang makan karena sudah lapar dan apabila makan tidak sampai kenyang“.

Anjuran ini dinyatakan sesuai dengan prinsip-prinsip untuk menjaga pola makan yang baik. Dengan kata lain, makanan yang dimakan akan memungkinkan mengurangi kandungan gula, lemak, atau minyak secara berlebihan. Sehingga, kebiasaan ini bisa meminimalkan risiko terhadap penyakit yang dipicu oleh kandungan gula dan lemak yang tinggi di dalam darah.

Selain itu, terdapat himbauan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani untuk berlatih berenang. Hal ini sesuai dengan prinsip pencegahan penyakit diabetes mellitus yaitu untuk senantiasa berolahraga.

Sebagaimana hadis ini menjelaskan, “Segala sesuatu selain dzikir kepada Allah adalah sia-sia kecuali empat perkara: berjalannya seseorang antara dua tujuan, melatih kudanya, mencumbu istrinya dan belajar berenang“.

Olahraga renang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama dalam membantu menurunkan risiko penyakit diabetes mellitus, karena saat berenang akan terjadi pembakaran kalori. Untuk hasil yang maksimal Anda perlu melakukan pencegahan dengan cara mengecek gula darah secara teratur.

Teknik ini merupakan deteksi dini terhadap penyakit diabetes mellitus guna meminimalisir terjadinya komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit tersebut.

Bagi Anda yang masih belum menyadari kebiasaan buruk dalam makan makanan secara berlebihan, mulailah berbenah diri untuk merubahnya. Karena penyakit diabetes mellitus masih menjadi persoalan serius di negeri Indonesia. Bahkan jumlah pengidap diabetes terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Semoga artikel ini menjadi referensi dan informasi yang bermanfaat bagi Anda. (republika.co.id/putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar