Mengapa Seorang Anak Bisa Nakal?

Avatar of PortalMadura.Com
Mengapa Seorang Anak Bisa Nakal?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sering kali seorang yang tidak patuh kepada orang tuanya atau susah diatur disebut sebagai anak yang nakal. Bunda, sebenarnya tidak ada anak-anak yang memiliki perilaku nakal, tetapi lingkungan sekitarlah yang memiliki pengaruh penting pada pembentukan pribadi anak. Lalu, kenapa anak bisa cenderung nakal?

Anak Yang Memiliki Kontrol Diri Yang Lemah

Adalah seorang anak yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku “nakal”. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

Anak Yang Kurang Kasih Sayang Orang Tua

Orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sering kali menyebabkan kurang perhatian kepada anaknya. Tidak mengenalkan dan mengajarkan norma-norma agama kepada anaknya. Saat di sekolah ia akan berulah macam-macam untuk mendapat perhatian dari orang lain, termasuk kepada gurunya.

Anak Yang Kedua Orang Tuanya Tidak Harmois Atau Bahkan Bercerai

Suasana di rumah yang tidak nyaman akan menyebabkan anak tidak fokus saat di sekolah. Kedua orang tua yang seharusnya melidungi dan memberi contoh yang baik justru menjadi akar permasalahan sebenarnya.

Anak Yang Menjadi “Korban” Dari Saudara Atau Teman Sepermainannya

Tipe anak seperti ini akan melakukan hal yang sama pada anak lainnya karena ia adalah “korban” dan berusaha untuk membalas dendam.

Anak Yang Mendapat Tekanan Dari Orang Tua

Tekanan ini bisa berupa tuntutan orang tua yang terlalu tinggi akan prstasi anaknya di sekolah atau peraturan di rumah yang terlalu ketat/mengekang. Akibatnya bisa bermacam, anak bisa pendiam tapi juga bisa “nakal” karena merasa ingin bebas.

Anak Yang Mengalami Kekerasan Dalam Lingkungan Keluarga

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya masalah ekonomi. Anak yang mengalami kekerasan di rumah, maka saat di sekolah ia akan menunjukkan sikap memberontak atau bahkan melakukan kekerasan seperti apa yang ia alami.

Anak Yang Salah Bergaul

Lingkungan sekitar tempat tinggal memang sangat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan perilaku seorang anak. Pergaulan yang kurang tepat atau salah dalam memilih teman bisa menyebabkan perilaku yang menyimpang.

Sesungguhnya seorang anak tidak patut dihakimi sebagai seorang yang nakal sebelum mengetahui latar belakang permasalahan dia sebenarnya. (keluarga.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.