oleh

Mengonsumsi 5 Makanan ini Saat Sahur Bisa Menambah Energi Saat Berpuasa

PortalMadura.Com – Berpuasa satu bulan penuh selama Ramadan membutuhkan banyak energi agar dapat selalu kuat menjalani aktivitas walaupun tidak makan dan minum. Kurangnya energi dapat membuat tubuh mudah lelah dan membuatmu menjadi tidak produktif, atau bahkan membuatmu sakit.

Penting rasanya untuk menyiapkan banyak energi bagi tubuh dengan mengonsumsi makananan dan minum an yang mengandung nutrisi. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selagi berpuasa antara lain serat, protein, lemak, dan lain-lain. Agar kadar cairan tubuh tercukupi saat berpuasa juga perlu mengonsumsi air putih yang cukup.

Agar energi tetap terjaga walau sedang berpuasa Anda perlu menyiapkannya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi saat berbuka dan sahur. Dilansir Fimela.Com, yang mengutip dari Brilio.net, Rabu (21/4/2021) inilah beberapa contoh makanan penambah energi, yang bisa dikonsumsi saat sahur:

Buah Pisang

Pisang mengandung banyak serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Vitaminnya pun banyak, seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, karbohidrat, protein dan sedikit lemak. Pisang juga kaya akan serat dan pati resistan yang dapat memberi makan bakteri baik di usus. Selain itu, juga melindungi kamu dari risiko kanker usus besar. Mengonsumsi pisang juga bisa membantu menahan napsu makan, sehingga perut tidak akan mudah lapar saat berpuasa.

Ikan

Ikan mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan protein, asam lemak omega-3, serta vitamin dan mineral, selain itu ikan juga kaya akan nutrisi yang tidak dimiliki hewan yang hidup di darat. Mengonsumsi ikan juga bagus untuk melancarkan peredaran darah dan menambah energi tubuh. Contoh ikan yang bagus untuk dikonsumsi saat sahur adalah ikan tuna dan ikan salmon.

Nasi Merah

Jika dibandingkan dengan beras putih biasa, beras merah memiliki lebih banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satu karena kandungan serat dan antioksidannya. Serat yang terkandung dalam beras merah dapat menyehatkan usus, membantu kerja usus, dan menghindarkannya dari infeksi, sehingga sistem pencernaan dapat terjaga kesehatannya apalagi saat berpuasa.

Telur

Alasan pertama mengapa kamu harus sering makan telur saat sahur adalah karena nutrisinya yang sangat lengkap. Dalam setiap butirnya, terkandung vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin K, vitamin D, vitamin E, kalsium, zinc, asam amino, fosfor, selenium, omega 3, serta folat. Kandungan nutrisi yang lengkap ini membuat telur masuk dalam kategori superfood. Dengan menyantap telur saat makan sahur, kamu bisa mendapatkan banyak sekali manfaat bagi tubuh ketika sedang berpuasa.

Buah Apel

Akan buah apel sebagai makanan penutup saat sahur, tubuh akan mampu menjaga kadar kolesterol tubuh, menjaga berat badan sekaligus mengenyangkan perut lebih lama. buah apel juga kaya akan antioksidan, vitamin dan serat, yang bisa menambah energi harian, menghidrasi tubuh, mengontrol kolesterol dan membantu menahan nafsu makan.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya dengan nutrisi dan vitamin saat sahur akan membuat energi Anda tetap terjaga sat berpuasa. sat energi tubuh stabil maka anda tidak akan merasa mudah lelah saat berpuasa. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar