Terbukti, Cordyceps Simpan Banyak Manfaat Yang Baik Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Terbukti, Cordyceps Baik Untuk Kesehatan Pernapasan
Ilustrasi (sehatq.com)

PortalMadura.Com – Cordyceps merupakan sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Cordyceps sinensis dikenal sebagai tanaman obat tradisional kuno yang banyak digunakan di Tibet sejak abad ke-15.

Cordyceps mengandung banyak nutrisi, seperti protein atau asam amino esensial, peptida, vitamin (B1, B2, B12, E, K), asam lemak, dan mineral. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (21/4/2021), berikut manfaat cordyceps untuk kesehatan:

Melindungi Jantung

Cordyceps mempunyai manfaat untuk aritmia atau gangguan ritme jantung. Cordyceps juga dapat memelihara kesehatan jantung.

Membantu Meredakan Gangguan Pernapasan

Beberapa zat yang terkandung pada cordyceps, yaitu cordycepin dan adenosin, dapat menstimulasi efek penyebaran ion pada saluran napas.

Baca Juga:  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh Manusia

Meningkatkan Performa Fisik

Walau terdapat anggapan bahwa cordyceps dapat digunakan untuk meningkatkan ketahanan dan performa seseorang dalam berolahraga.

Melawan Penuaan

Cordyceps secara tradisional digunakan oleh lansia untuk mengatasi efek penuaan, seperti kelelahan, lemas, dan impotensi.

Membantu Meredakan Peradangan

Cordyceps berpotensi mengurangi peradangan. Pada hewan, cordyceps ditemukan dapat mengurangi keparahan penyakit lupus, meningkatkan kelangsungan hidup pada kondisi cangkok jantung, dan menekan efek racun bakteri Streptococcus.

Memperlambat Penyakit Ginjal

Cordyceps dapat memperlambat fibrosis atau proses pembentukan jaringan parut di ginjal. Fibrosis ginjal ini adalah salah satu tanda dari penyakit ginjal stadium lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.