Menguruskan Badan Bisa Membahayakan Kesehatan! Mitos atau Fakta

Avatar of PortalMadura.com
Menguruskan Badan Bisa Membahayakan Kesehatan! Mitos atau Fakta
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu tren dalam perubahan gaya hidup sehat masa kini adalah diet. Meskipun bisa menyehatkan, tapi banyak mitos tentang diet yang dipercaya oleh banyak orang.

Informasi yang tidak akurat dan bukan berasal dari ahli diet, nutrisionis, pelatih, dan penggiat kesehatan banyak tersebar di mana-mana, terutama media sosial.

Seperti yang dilansir detik.com dikutip dari Times of India, jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, hindari 5 mitos berikut ini.

Melewatkan Makan
Melewatkan salah satu waktu makan sebagai usaha untuk memotong asupan kalori dan menurunkan badan. Hal itu akan dilakukan bagi orang yang ingin berdiet.

Namun hal ini salah, karena menurunkan berat badan seharusnya dilakukan dengan memotong asupan kalori saja tanpa perlu melewatkan satu waktu makan. Makanan memberikan tubuhmu nutrisi yang penting yang meningkatkan metabolismemu.

Baca Juga: Pantai Camplong Sampang Kumuh, Petugas Gabungan Bongkar Lapak PKL

Jika Anda tidak makan maka artinya tubuhmu tak mendapatkan nutrisi, nutrisi yang hilang berarti metabolisme yang melambat. Metabolisme melambat berarti membuatmu tidak efisien untuk membakar kalori, sehingga semakin besar kesempatan kalori tersimpan sebagai lemak.

Makan Rendah Lemak
Tren mitos diet berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang berlabel rendah atau tanpa lemak. Biasanya makanan atau minuman ini diiklankan dengan mengklaim bisa membantu orang tidak mengonsumsi lemak sama sekali.

Sehingga sangat populer di antara mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Yang menjadi masalah adalah makanan tersebut masih mengandung bahan yang tak sehat seperti gula, tepung, garam, dan pengental yang menambah kalori dan justru bisa menambah berat badan.

Menghindari Gula
Gula menjadi salah satu pelaku utama dalam kegagalan diet dan banyak orang yang yang berdiet benar-benar mengurangi gula. Padahal hal tersebut tak sepenuhnya benar. Gula alami yang berada dalam buah tidak butuk bagi kesehatan dan justru malah bermanfaat, dibanding gula buatan yang berada dalam kue, minuman ringan, dan cokelat.

Gula alami dalam buah juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang memberikan antioksidan yang mendorong fungsi tubuh, dan serat yang mampu membantu menurunkan berat badan.

Menghindari Karbohidrat
Selain gula, karbohidrat atau karbo juga banyak dihindari, terutama seperti sereal dan roti. Namun tubuh tetap membutuhkan karbohidrat untuk bisa menurunkan berat badan, caranya dengan mengonsumsi ubi manis, pisang, dan oatmeal.

Makanan tersebut menjadi sumber serat yang membantumu tetap kenyang dalam waktu lama sehingga mencegahmu makan terlalu banyak atau ngemil.

Diet ‘puasa’
Cara tercepat dan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah berpuasa? Salah. Mendadak mengubah kebiasaan makanmu menjadi dengan sering berpuasa makan atau mengonsumsi sedikit kalori bisa melemahkan sistem imun dan bahkan menyebabkan kelaparan. Apalagi justru kebiasaan ini tidak efektif dalam jangka panjang, dan mudah membuatmu kembali ke berat badan semula.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.