Meniti Jejak dan Peninggalan Kereta Api Madura (Part-3)

Avatar of PortalMadura.com
Pengecekan ASET 01
Kantor Pengusahaan Aset Madura (KPA Madura) yang beroperasi sejak tahun 2010 (Foto: Agus Hidayat)
    Bagikan:

“Heterogenitas ini justru membuat kami saling kenal satu sama lain. Heterogenitas yang diharapkan bisa memunculkan keakraban serta saling mendukung dalam tugas dan tanggung jawab. Mesti hal ini bukan teknis, namun bisa jadi faktor pendukung dalam pekerjaan. Kami telah terbiasa dengan hal itu,” ungkapnya.

Grondkaart Jadi Bekal Utama

Pengecekan ASET 04
Pemasangan kembali patok batas aset tanah di Desa Pangpajung, Kecamatan Modung, Bangkalan, Madura (Foto: Istimewa)

Pengecekan aset adalah tugas yang penuh perjuangan. Tugas yang membutuhkan kesiapan fisik maupun mental, kekuatan kaki, ketelitian membaca tanda, kecermatan pengukuran, penjelajahan alam, serta tentu saja pendekatan santun pada penyewa aset maupun masyarakat setempat.

Tujuan pengecekan adalah memvalidasi data semua aset peninggalan perkeretaapian yang ada di Madura. Jelaslah kalau pekerjaan ini dilakukan di luar kantor. Maka tak salah jika Tour of Duty menjadi label tugas yang diemban tim pengecekan aset dengan segala hambatan dan resiko yang dihadapi di lapangan. Tour of Duty adalah film layar lebar bergenre action yang dirilis pada 24 September 1987, dengan seting Perang Vietnam.

Baca Juga:  Al Istikmal dan Al Amin Melenggang ke Babak 8 Besar Liga Santri KSAD 2022

Tim pengecekan aset tak hanya melibatkan karyawan unit aset, melainkan juga dari unit pengusahaan aset serta unit administrasi dan penagihan. Namun sebenarnya terdapat sinergi dari masing-masing tugas. Sinergitas tersebut didasarkan dari semua data yang diperoleh di lapangan.

Personel yang terlibat dalam pengecekan aset minimal empat orang. Jumlah ini bisa bertambah, tergantung dari medan yang harus dilalui, jumlah aset yang harus dicek, serta seberapa banyak pekerjaan yang menyangkut administrasi dengan penyewa atau pengguna aset yang harus ditangani. Berkaca pada kenyataan di lapangan yang terjadi sejauh ini, jumlah personil unit aset seringkali lebih banyak dibanding dua unit lainnya.

Tim pengecekan aset mengawali perjalanan tugas dari KPA Madura. Perbekalan teknis yang dibawa meliputi Grondkaart, sertifikat, data penyewa, alat ukur, dan sebagainya. Grondkaart (istilah Belanda) adalah gambar ukur yang sudah disahkan oleh lembaga yang juga didirikan Belanda bernama Kadster (sekarang BPN), yang dibuat untuk menunjuk suatu obyek lahan dengan batas-batas tertentu yang tertera di atasnya.

Baca Juga:  Pemasangan Lampu Panel Surya, Pengabdian Mahasiswa UTM

Istilah GrondkaartSelengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.