Menko PMK Kunjungi Unija, Tanam Pohon Wujud Implementasi GNRM

Avatar of PortalMadura.com
Menko PMK Kunjungi Unija, Tanam Pohon Wujud Implementasi GNRM
Kanan, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy menanam pohon jenis jeruk di kampus Unija Madura (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy, salah satu agenda kunjungan kerjanya, Minggu (3/7/2022) pagi, mengujungi Universitas Wiraraja (Unija) Madura di Jl. Raya Pamekasan-Sumenep, KM-05, Patean, Sumenep.

Selama di Unija, Menko PMK melakukan penanaman pohon buah di halaman utama depan kampus Unija. Aksi penanaman pohon ini merupakan program penanaman 10 juta pohon yang dicanangkan pemerintah sebagai wujud implementasi dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Menko PMK Kunjungi Unija, Tanam Pohon Wujud Implementasi GNRM
Kunjungan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy di Kampus Unija Madura (@portalmadura.com)

Menko PMK RI Muhadjir Effendy mengatakan, secara umum, kondisi Sumenep termasuk wilayah yang baik, terutama dalam perlindungan atau menjaga abrasi pantai, tetapi tetap perlu untuk terus ditingkatkan.

“Apalagi Sumenep punya pohon cemara udang. Dan Sumenep kedepannya, saya berharap menjadi pusat gerakan revolusi mental suka menanam,” katanya.

Baca Juga:  Indra Sumbang Emas Lari Estafet Mix Senior di Kejurnas Atletik 2022

“Marilah kita ubah mental kita, yang suka nebang pohon menjadi manusia yang suka menanam kebaikan. Salah satunya itu menanam pohon,” sambungnya.

Ia menjelaskan, pohon adalah memproduksi oksigen yang dibutuhkan oleh manusia. “Jadi, kalau kita menanam pohon dan memproduksi oksigen lalu ada yang lewat menghirup udara dari pohon yang kita tanam, amal jariyah itu,” ungkapnya.

Dengan menanam pohon yang bernilai ibadah itu, kata dia, akan menghidupi jutaan orang. Maka, pihaknya mengajak untuk melakukan perubahan mental dari yang kurang menanam menjadi cinta menanam. “Mari kita balik mental kita. Selama ini kurang menanam menjadi cinta menanam,” tandasnya.

Menko PMK Kunjungi Unija, Tanam Pohon Wujud Implementasi GNRM
Kiri, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy bersama Wakil Rektor I Unija Mujib Hannan usai melakukan penanaman pohon di kampus Unija Madura (@portalmadura.com)

Sementara, Wakil Rektor 1 Unija Mujib Hannan menyampaikan terima kasih pada Menko PMK yang telah memberikan apresiasi kepada Unija dalam gerakan menanam pohon.

Baca Juga:  KLM Cinta Kembar Hilang Kontak, Dari Kalianget Tujuan Batu Guluk Sumenep

“Penanaman pohon secara simbolis oleh Menko PMK itu, jenis pohon yang kami sediakan di antaranya, avokat, jeruk nipis dan lemon serta jenis pohon buah lainnya,” terangnya.

Pada momen kunjungan Menko PMK, pihaknya menyiapkan lebih dari 1.000 pohon yang akan ditanam di lahan belakang kampus Unija. “Penanaman pohon kali ini, akan dilanjutkan ke belakang kampus,” terangnya.

Ia mengungkapkan, sejak tahun 2018, Unija sudah gencar melakukan penanaman pohon di berbagai lokasi. Salah satunya di sepanjang jalan utama kota atau depan kampus.

“Pohon yang besar-besar di sepanjang jalan itu, kami tanam sejak tahun 2018, pada saat penerimaan mahasiswa baru,” katanya.

Selain itu, seluruh area kampus di tanami pohon cemara udang sehingga menjadi rindang dan sejuk. Pohon cemara udang itu juga menjadi sebutan lain, yakni kampus cemara. “Ini bukti nyata kita bahwa peduli terhadap keselamatan lingkungan,” tandasnya.

Baca Juga:  Diduga Pelaku KDRT, Polisi Sumenep Ringkus Oknum Karyawan Perhutani

Pada momen Menko PMK melakukan penanaman pohon, ikut mendampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edy Rasyadi, pimpinan dan civitas akademika Unija, sejumlah pimpinan perguruan tinggi di Madura, mahasiswa dari berbagai fakultas Unija serta mahasiswa pecinta alam.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.