Menteri Agama RI Dorong PTAIN Jadi Pusat Islam Moderat

Avatar of PortalMadura.Com
Menteri Agama RI Dorong PTAIN Jadi Pusat Islam Moderat
Kunjungan Menteri Agama ke Pamekasan

PortalMadura.Com, – Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin mendorong agar semua Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) bisa menjadi pusat studi Islam yang moderat.

Hal tersebut disampaikan usai mengisi Seminar Nasional di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pamekasan, Kamis (5/7/2018).

Menurutnya, PTAIN tidak hanya menjadi sarana pendidikan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, melainkan harus ikut andil dalam merawat nilai-nilai Islam yang berkembang di Indonesia sebagaimana ajaran yang telah dikembangkan oleh Wali Songo.

“Tentunya Islam yang wasathiyah atau Islam moderat,” ujarnya di IAIN Madura.

Ada 58 perguruan tinggi agama Islam negeri di Indonesia dengan 17 berstatus universitas, 34 berstatus institut dan 7 lainnya masih berstatus sekolah tinggi.

Menurutnya, semua kampus harus bisa menjadi benteng dari Islam radikal dan liberal. “PT tidak hanya sarana untuk melanjutkan pendidikan bagi para santri untuk memperdalam keagamaan saja, melainkan harus memotori dan menjaga Islam moderat,” tandasnya.

Ia mengungkapkan, agama Islam ketika diterjemahkan oleh manusia akan memiliki arti yang beragam, mufassir sehebat apapun memiliki keterbatasan keilmuwan.

Cara pandang diantara sekian banyak penafsiran agama, ada kubu ekstrim terlalu konservatif, terlalu harfiah dan tekstualis, tetapi ada yang yang melepas teks atau terlalu liberal.

“Dan Islam yang moderat bukan radikal atau liberal. Perguruan tinggi agama Islam harus bisa mencerahkan,” tandasnya.(Hasibuddin/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.