Menu Ala Jepang: Resep Tai-Meshi yang Gurih dan Lezat

Messi tai masakan Jepang
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Banyaknya kuliner khas Jepang yang menjadi favorit lidah masyarakat Indonesia saat ini semakin menjamur. Bukan cuma di pusat perbelanjaan atau restoran ternama, sekarang outlet-outlet kecil sudah banyak yang menawarkan makanan khas Jepang ini, seperti sushi hingga sashimi.

Namun selain itu, ternyata ada lagi kuliner khas Jepang yang sangat lezat yaitu Tai-Meshi atau nasi ikan. Dibuat dari ikan termahal di Jepang yaitu ikan Tai. Penasaran seperti apa rasanya?.

Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

– Beras 6 cup (satu cup berukuran 200cc)
– Satu sendok kecil garam
– 1/2 liter air
– 1 lembar daun kombu
– Mirim 15cc
– Usukuchi shoyu 15cc
– Koikuchi shoyu 15cc
– 2 ikan Tai, yang sudah dipisahkan daging dan kerangka

Baca Juga:  Resep Siomay Udang Puyuh Krispi, Nikmatnya Bikin Nagih

Peralatan yang diperlukan :

Satu Panci berukuran besar

Cara memasak :

Pertama buatlah kaldu ikan tai terlebih dahulu, cara membuatnya campurkan air, daun konbu, mirin, usukuchi shoyu, koikuchi shoyu, garam dan kerangka ikan tai ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. Kemudian setelah kaldu jadi, siapkan panci berukuran besar dan masukkan beras. Lalu tuangkan kaldu ikan dengan perbandingan 1:1. Jika Anda menggunakan 6 cup beras maka kaldu yang digunakan juga 6 cup, dan aduk hingga merata. Lalu masak dengan api besar selama 30 menit atau hingga nasi matang.

Siapkan ikan tai yang sudah dipisahkan dengan duri dan tulangnya. Lalu satu ikan pertama dimasak terlebih dahulu dengan cara dibakar atau direbus dan dipotong cincang. Setelah nasi matang, kecilkan api hingga sedang, lalu masukan ikan tai yang sudah dicincang lalu aduk dan diamkan kembali selama 12 menit.

Baca Juga:  Resep Ikan Layang Sambal Bajak, Pedasnya Bikin Nambah Selera Makan

Setelah 12 menit matikan api, dan masukkan potongan ikan tai mentah ke dalam panci, letakkan posisi sejajar lalu tutup dan diamkan hingga potongan ikan tai tersebut matang dengan sendirinya. Diamkan selama 12 menit. Setelah 12 menit aduk hingga merata, dan Tai-Meshi atau nasi ikan Tai siap untuk disajikan. (viva.co.id/Desy)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.