oleh

Menu Buka Puasa: Resep Ayam Goreng Lengkuas yang Gurih dan Lezat

PortalMadura.Com – Ayam merupakan salah satu sumber protein yang paling disukai oleh hampir semua kalangan. Rasa daging ayam yang enak, empuk dan bisa diolah menjadi berbagai masakan sedap, tidak heran jika daging yang satu ini banyak penikmatnya.

Berbicara mengenai masakan ayam, Anda bisa mencoba resep ayam goreng lengkuas yang enaknya bikin nagih untuk menu buka puasa Anda. Sajian ini adalah menu masakan ayam rumahan yang nikmatnya seperti ayam goreng restoran.

Berikut resep ayam goreng lengkuas:

Bahan-bahan:

1 kg daging ayam (potong sesuai selera)
150 gram lengkuas parut
300 ml santan kelapa
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 sdm air asam jawa
1 batang serai (memarkan)
Minyak goreng (secukupnya)

Baca Juga: Menu Sahur: Resep Sambal Goreng Jeroan yang Bikin Nagih

Bumbu halus:

1 sdt garam
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar
3 cm jahe
3 cm kunyit
Gula (secukupnya)
Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara membuat:

Masak daging ayam bersama bumbu yang telah dihaluskan. Kemudian, tambahkan santan, daun salam, daun jeruk, air asam jawa, serai dan lengkuas parut.

Masak daging ayam hingga santan kering dan bumbu merasuk ke dalam daging dengan baik. Jika sudah, tiriskan ayam lalu panaskan minyak goreng. Goreng daging ayam yang telah dimasak dengan semua bumbu hingga berwarna kuning kecokelatan.

Goreng juga sisa bumbu untuk memasak ayam hingga kering dan berwarna kecokelatan. Ayam goreng lengkuas sudah matang dan siap disajikan untuk menu buka puasa.

Ayam goreng ini akan terasa semakin nikmat saat disajikan bersama nasi putih hangat, sambal bawang dan lalapan mentimun serta daun selada. Resep yang sangat mudah bukan?. Selamat mencoba!


Rewriter : Salimah
Sumber : fimela.com

Komentar