oleh

Menu Buka Puasa: Resep Ayam Goreng Mentega yang Gurih, Maknyus

PortalMadura.Com – Bosan dengan masakan yang itu-itu saja sebagai menu buka puasa?. Kali ini Anda bisa coba membuat sendiri di rumah sajian ayam goreng mentega. Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa gurih dan lezat, dijamin membuat nafsu makan Anda makin bertambah.

Ayam goreng mentega termasuk dalam masakan yang praktis diolah, apalagi sensasi rasa gurih dan manisnya juga sangat ampuh untuk membuat Anda ketagihan. Terutama jika disajikan bersama nasi putih hangat. Dijamin lahap!

Jadi, tunggu apalagi?. Berikut ini resep ayam goreng mentega, seperti dikutip Okezone.com dari akun Instagram @berbagiresep:

Bahan-bahan:

1000 gr ayam, potong-potong
4 sdm mentega
1 buah jeruk nipis
1 buah bawang bombai, iris
5 buah cabai gendut, iris
1 batang daun bawang, iris
1 batang seledri, iris
2 siung bawng putih, cincang halus
1 ruas jari jahe, cincang halus
2 lembar daun jeruk
500 ml air
1 sdm saus tiram
3sdm saus tomat
4 sdm saus sambal
3 sdm kecap manis
Garam secukupnya

Baca Juga: Resep Es Buah Lambada yang Manis dan Segar untuk Buka Puasa

Cara membuat:

Cuci bersih ayam, lalu kucuri dengan perasan jeruk nipis, diamkan sebentar. Kemudian, panaskan mentega, goreng ayam sampai kecokelatan, lalu tiriskan. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum, masukan ayam lalu tambahkan air. Didihkan.

Setelah itu, masukan daun jeruk, saus tomat, saus sambal, saus tiram, garam, dan kecap manis, masak hingga bumbu meresap. Masukan bawang bombai, aduk-aduk sebentar, cicip rasa. Terakhir, masukan irisan daun bawang, matikan api. Sajikan ayam goreng mentega bersama nasi putih hangat sebagai menu buka puasa.

Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE