Menu Buka Puasa: Resep Barongko Pisang yang Manis dan Lembut

Avatar of PortalMadura.com
Menu Buka Puasa: Resep Barongko Pisang yang Manis dan Lembut
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menyiapkan hidangan buka puasa bersama keluarga memang bisa menjadi momen istimewa di bulan Ramadan. Untuk teman berbuka puasa, biasanya orang akan mencari makanan manis sebelum beralih ke makanan berat.

Nah, Jika Anda ingin menyiapkan menu berbuka, tapi belum punya ide akan menyajikan apa, bagaimana dengan barongko pisang?. Makanan ini sangat sederhana, namun memiliki cita rasa hotel bintang lima. Lantas, bagaimana cara membuatnya?.

Berikut ini resep barongko pisang:

Bahan-bahan:

500 gram pisang kepok
250 gram gula
5 butir telur
100 gram tepung beras
50 gram kelapa segar parut
250 gram santan kelapa
1 kaleng kental manis
Esens vanila untuk perasa
Garam

Baca Juga: Satpol PP Pamekasan Intensifkan Patroli Selama Ramadan

Cara memasak:

Baca Juga:  Resep Risol Mayo Ala Margo yang Gurih dan Lumer untuk Camilan Di Rumah

Hancurkan pisang kepok dan gula dengan blender tapi jangan terlalu lembut. Lalu, letakkan dalam mangkuk sambil tambahkan telur, aduk rata. Kemudian, tambahkan tepung beras dan parutan kelapa.

Setelah itu, saat semua bahan sudah tercampur baik, tambahkan santan kelapa, kental manis dan esens vanila serta garam, aduk rata kembali. Kemudian, siapkan daun pisang muda potong sekitar 18 x 18 cm.

Selanjutnya, letakkan campuran tersebut ke atas daun pisang dan tahan dengan menggunakan tusuk bambu. Panaskan panci untuk merebus hingga benar-benar panas, baru kemudian letakkan bahan ke dalam steamer. Rebus kurang lebih selama 25 menit, setelah itu diangkat. Barongko pisang siap disajikan untuk menu buka puasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.