oleh

Menu Buka Puasa: Resep Pecel Sayur Enak dan Sehat

PortalMadura.Com – Menjalankan ibadah puasa tentu membutuhkan energi lebih. Karena, walaupun sudah berpuasa bukan berarti tidak menjalankan aktivitas seperti biasanya. Maka, tetap sehat di kala itu adalah hal penting yang perlu dilakukan.

Tubuh yang sehat tersebut didukung dari asupan makanan saat buka puasa ataupun sahur. Ada salah satu inspirasi menu buka puasa yang cocok untuk Anda kali ini yaitu pecel sayur. Makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi. Selain enak, di dalamnya terdapat beberapa sayur yang baik bagi kesehatan.

Sudah pernah membutanya sendiri di rumah?. Jika belum, mari simak resep dan cara membuat pecel sayur berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (28/4/2021) dari laman Tokopedia.com:

Bahan-bahan

1 buah kol, iris-iris.
1 ikat sawi, iris-iris.
1 ikat kacang panjang, potong-potong.
50 gr (gram) taoge.
10 batang buncis, potong-potong.

Bahan Bumbu Kacang

100 gr kacang tanah
7 siung bawang putih
15 buah cabai rawit (sesuaikan dengan tingkat pedas yang diinginkan)
4 lembar daun jeruk
100 gr gula merah, sisir
1 sdm (sendok makan) asam jawa
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara Membuat Pecel Sayur

Pertama, rebus semua sayur yang sudah di iris dan di potong hingga matang. Tiriskan sayur yang sudah di rebus dengan wadah. Kemudian, goreng kacang tanah, tiriskan. Lalu goreng bawang putih, cabe rawit dan daun jeruk sampai layu.

Setelah itu, larutkan gula merah yang sudah di sisir dan asam jawa dengan 1/2 gelas air. Ulek atau haluskan kacang tanah, bawang putih, cabe rawit dan daun jeruk yang sudah di goreng tadi.

Selanjutnya, tuang larutan gula merah dan asam jawa ke bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Tambahkan garam dan aduk sampai rata. Ambil secukupnya bumbu pecel untuk porsi sayuran yang diinginkan dan tambahkan air lalu, aduk rata.

Terakhir, tata sayuran di piring saji bersama nasi putih hangat, siram dengan bumbu kacang. Selesai, pecel sayur sudah siap dihidangkan untuk menu buka puasa Anda. Paling enak jika ditambah dengan lauk seperti ayam, telur, tempe dan tahunya. Dijamin menambah nafsu makan Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Tokopedia.Com

Komentar