oleh

Menu Buka Puasa: Resep Tempe Katsu Saus Asam Pedas

PortalMadura.Com – Memasuki bulan suci Ramadan, menu apa saja yang sudah Anda siapkan untuk berbuka nanti?. Jika masih bingung, ada rekomendasi masakan yang bisa Anda coba bikin, salah satunya yaitu tempe katsu.

Ya, menu ini berbahan dasar tempe. Jika biasanya tempe hanya digoreng saja, kini tempe bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Apalagi saat dicocol bersama saus asam pedasnya. Akan menambah selera berbuka puasa Anda tentunya.

Yuk ikuti resep dan langkah-langkahnya berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (14/4/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan

1 papan tempe, potong-potong setebal 2 cm
Tepung roti secukupnya

Bahan Tepung

1 butir telur
2 siung bawang putih, haluskan
4-5 sdm tepung terigu
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
Air secukupnya

Saus Asam Pedas

1/2 buah bawang bombai, potong dadu kecil
2 siung bawang putih, memarkan cincang
1 sdt maizena
2 sdm margarin
2 sdm saus tomat
2 sdm saus tiram
1 sdm saus cabai (bisa diganti cabai rawit sesuai selera)
1 sdm minyak wijen (optional)
Air secukupnya garam dan gula secukupnya

Cara Membuat Katsu

Pertama, pipihkan tempe terlebih dahulu, namun jangan sampai hancur. Lalu, campurkan semua bahan tepung basah, rendam tempe ke dalamnya. Sisihkan.

Kemudian, gulungkan setiap potongan tempe ke dalam tepung roti sambil ditekan-tekan agar tepung roti tidak rontok. Diamkan sejenak agar tepung menempel.

Setelah itu, goreng hingga tenggelam dan matang kecokelatan dalam minyak panas, gunakan api sedang. Angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Saus

Selanjutnya untuk membuat saus, tumis bawang bombai hingga harum, masukan bawang putih dan tumis hingga bumbu matang. Lalu, campurkan saus tomat, tiram, kecap Inggris, minyak wijen dan cabai rawit potong ke dalam wadah. Tuangkan ke dalam bumbu bawang. Aduk sampai tercampur rata.

Terakhir, campurkan maizena dengan air. Tuang ke dalam bumbu, aduk rata hingga mengental. Tes rasa, tambahkan gula dan garam secukupnya. Jika rasanya sudah sesuai selera, angkat. Selesai, sajikan katsu tempe dengan saus asam pedas yang dituang di atasnya.

Itu dia resep menu Ramadan hari ini yang patut dicoba di rumah. Selamat mencoba.

Komentar