oleh

Menu Sahur Praktis: Resep Tempe Bacem Pedas Manis yang Menggugah Selera

PortalMadura.Com – Bagi umat Muslim, hari ini puasa Ramadan memasuki hari ke 18. Tidak terasa Lebaran sudah tinggal 12 hari. Sebagian orang biasanya sudah mulai menyiapkan segala keperluan Lebaran, seperti aneka suguhan, baju lebaran dan segala pernak-pernik Lebaran. Tentunya semua hal itu akan menguras tenaga Anda sehingga sedikit banyak berdampak pada mood Anda di waktu sahur.

Bagi Anda yang semakin malas menyiapkan menu sahur, sebaiknya pilih menu yang praktis. Salah satunya tempe bacem pedas manis. Selain praktis, menu yang satu ini juga menggugah selera.

Nah, untuk membuat menu tempe bacem pedas manis ini sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Berikut resepnya:

Bahan-bahan:

400 gram tempe (potong sesuai selera)
1,5 sdm gula merah (sisir halus)
1 sdm air asam
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas (memarkan)
Air (secukupnya, kira-kira 500 ml)
Kecap manis (secukupnya)
Minyak goreng (secukupnya)
Garam & gula (secukupnya)

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir cabai rawit
1 sdm ketumbar
Lada bubuk (secukupnya, jika suka)

Cara Membuat:

Rebus bumbu halus dengan air, air asam, kecap manis, gula merah, gula dan garam hingga mendidih serta larut. Tambahkan tempe, daun salam dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Masak hingga semua bumbu meresap ke dalam tempe dengan baik dan air di dalam panci atau wajan asat (kering).

Setelah itu, segera angkat tempe yang telah direbus, tiriskan sebentar kemudian goreng dengan minyak panas hingga warnanya cokelat kemerahan. Tempe bacem pedas manis pun siap untuk dihidangkan menjadi sajian menu sahur.

Resep yang sangat mudah untuk dibuat bukan?. Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah suka. Bila Anda tidak suka masakan pedas, Anda bisa menghilangkan cabai rawit dan lada dari daftar bumbu itu. (vemale.com/Desy)


Tirto.ID
Loading...

Komentar