oleh

Menu Sahur: Resep Nasi Briyani Khas India Enak dan Gurih

PortalMadura.Com – Waktu sahur sering kali membuat seseorang tidak semangat untuk menyantap makanan. Untuk itu, jika Anda ingin suasana sahur menjadi semangat, yuk coba bikin masakan sahur yang tidak biasa, yaitu nasi briyani khas India.

Aroma makanan yang satu ini sangat menyengat dan menggugah selera, sehingga bisa jadi pancingannya. Namun perlu Anda ketahui, bahwa pada resep asli nasi briyani, ada bahan saffron. Tapi, kalau Anda sulit menemukannya, tanpa menggunakan saffron pun makanan tetap lezat.

Berikut resep dan cara membuat nasi briyani khas India:

Bahan-bahan:

400 gram beras, pilih yang pera
1 sdm margarin atau mentega

Bumbu halus:

5 butir bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 sdt jintan
1/2 sdt adas
1 sdt garam
4 cm jahe, tumbuk gepeng

Bahan pelengkap:

10 butir cengkih
200 gram daging sapi, iris kecil-kecil
100 ml yogurt tawar
400 ml air
30 gram kismis
30 gram kenari
1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat:

Pertama, cuci beras sampai bersih, sisihkan. Panaskan margarin atau mentega, tumis bumbu yang dihaluskan, jahe, dan cengkih sampai harum dan matang. Masukan daging sapi, aduk sampai berubah warna.

Selanjutnya, beri yogurt tawar, aduk, dan masak sampai mendidih. Masukan beras, aduk sampai rata. Tambahkan air, masak sambil sesekali diaduk. Tutup dan kecilkan apinya. Masak sampai air hampir habis.

Terakhir, masukan kenari, kismis, dan air jeruk nipis. Aduk, lalu lanjutkan memasak sampai nasi matang. Angkat dan sajikan di meja makan. Nasi briyani khas India siap disajikan untuk menu sahur. (okezone.com/Salimah)

Komentar