oleh

Moms, Ini 7 Cara Ajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

PortalMadura.Com – Puasa Ramadan bagi anak kecil memang tidak diwajibkan. Namun, orang tua bisa mengajari mereka sejak dini. Bahkan, Rasulullah juga mendidik anaknya untuk berpuasa.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Kami puasakan pula anak-anak kacil kami, dan kami berangkat ke masjid dengan menjadikan mainan dari kapas buat mereka. Jika ada salah seorang dari mereka menangis minta makanan, kami berikan mainan itu kepadanya sampai masuk waktu berbuka” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut tujuh cara yang bisa orang tua lakukan untuk mengajarkan si kecil berpuasa:

1. Ciptakan suasana yang menyenangkan dan hidangkan makanan yang lezat ketika sahur untuk menghadapi anak yang mengantuk dan susah bangun.

2. Siapkan makanan kesukaan anak, tentu saja makanan itu tetap harus bernutrisi tinggi.

3. Tambah asupan serat dan protein agar anak bisa menahan lapar dan merasa kenyang lebih lama.

4. Jika di siang hari anak mengeluh lapar dan tidak bisa menahannya lagi, biarkan mereka berbuka. Namun, setelah itu beritahu anak untuk menahan lapar lagi sampai waktu berbuka sebenarnya tiba. Puasa setengah hari adalah latihan yang paling umum bagi anak untuk belajar menahan lapar.

5. Ketika berbuka, berikan makanan yang manis seperti teh, susu, atau jus buah agar bisa lekas dicerna dan memberikan energi bagi anak. Minuman itu pun disarankan disajikan hangat dan tidak dingin.

6. Berikan motivasi berupa penghargaan bagi anak jika mereka mampu berpuasa penuh satu hari.

7. Jangan biarkan anak makan dalam porsi besar ketika berbuka. Selain kurang baik bagi kesehatan, makan berlebihan saat berbuka juga bisa membuat anak trauma untuk berpuasa.

Itulah tujuh cara mudah yang bisa orang tua terapkan untuk mengajarkan anak berpuasa sejak dini. (merdeka.com/Salimah)


Komentar